Bisa Diobati, Yuk Kenali Tanda dan Gejala Kanker Testis

Kamis, 13 Januari 2022 - 17:33 WIB
loading...
Bisa Diobati, Yuk Kenali Tanda dan Gejala Kanker Testis
Sesuai dengan namanya, kanker testis menyerang testis manusia yang terletak di dalam skrotum atau kantong kulit yang longgar di bawah penis. / Foto: ilustrasi/veritalife
A A A
JAKARTA - Kanker testis merupakan jenis kanker yang jarang terjadi dibandingkan kanker lainnya. Meski demikian, kanker testis adalah kanker paling umum yang diderita pada pria Amerika berusia 15-35 tahun.

Sesuai dengan namanya, kanker testis menyerang testis manusia yang terletak di dalam skrotum atau kantong kulit yang longgar di bawah penis.

Penyakit ini tentunya menjadi salah satu yang berbahaya. Pasalnya, testis menghasilkan hormon seks pria dan sperma untuk reproduksi.

Baca juga: Cerai dari Vicky, Kalina Oktarani Enggak Mau Menyesal

Kendati demikian, kabar baiknya adalah kanker testis sangat dapat diobati. Bahkan ketika kanker telah menyebar di luar testis. Tapi semuanya, tergantung pada jenis dan stadium kanker testis itu sendiri.

Merangkum dari Mayo Clinic, Kamis (13/1/2022), biasanya seseorang yang mengalami kanker testis akan ditandai dengan munculnya benjolan pada daerah yang terserang. Berikut tanda dan gejala kanker testis, di antaranya:

1. Benjolan atau pembesaran di salah satu testis.

2. Perasaan berat di skrotum.

3. Sakit seperti ngilu pada perut atau selangkangan.

5. Mengumpulnya cairan secara tiba-tiba pada skrotum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)