Ini 5 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik, Apa Saja ya?

Jum'at, 14 Januari 2022 - 17:17 WIB
loading...
Ini 5 Makanan yang Mengandung Kolesterol Baik, Apa Saja ya?
Salah satu penyakit yang paling banyak diderita namun seringkali tidak disadari seseorang adalah kolesterol. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Salah satu penyakit yang paling banyak diderita namun seringkali tidak disadari seseorang adalah kolesterol . Pasalnya kolesterol tinggi sama sekali tidak memiliki gejala, hingga seseorang mengetahuinya melalui cek darah.

Sebagaimana diketahui, kolesterol adalah zat seperti lemak yang berada dalam darah dan dibutuhkan tubuh untuk membantu membuat hormon, mensintesis vitamin D, mencerna makanan, dan lainnya.

Karena tekstur kolesterol seperti lemak dan lilin, maka terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Perlu diingat, tidak semua kolesterol itu sama.

Baca juga: Ciptakan Lagu Sendiri, Rimar Callista Rilis Single Baru Berjudul Menunggu Kau Kembali

Ada dua jenis kolesterol yakni low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL sering disebut sebagai kolesterol 'jahat' atau 'buruk', karena lebih cenderung menumpuk di pembuluh darah.

Sementara HDL disebut sebagai kolesterol 'baik' atau membantu karena mereka mengambil kelebihan kolesterol dalam darah, termasuk LDL, dan membawanya ke hati di mana ia dapat dipecah dan dikeluarkan.

Merangkum dari Eating Well, Jumat (14/1/2022), terdapat beberapa macam makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun penuh dengan senyawa anti-inflamasi, asam oleat, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa, elenolide, dalam minyak zaitun membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1347 seconds (10.55#12.26)