Ini Makanan Favorit Mahasiswa Berkolesterol Tinggi, Anak Muda Wajib Tahu

Sabtu, 15 Januari 2022 - 05:48 WIB
loading...
Ini Makanan Favorit Mahasiswa Berkolesterol Tinggi, Anak Muda Wajib Tahu
Kadar kolesterol jahat dalam makanan bisa berbeda-beda, ada yang tinggi dan juga ada yang rendah. / Foto: ilustrasi/Wise Geek
A A A
JAKARTA - Kolesterol dihasilkan secara alami di organ hati, tetapi bisa juga diperoleh dari berbagai makanan. Kadar kolesterol jahat dalam makanan bisa berbeda-beda, ada yang tinggi dan juga ada yang rendah.

Kolesterol sendiri berwarna kekuningan dan berbentuk seperti lilin yang dapat diproduksi oleh tubuh, turutama di dalam organ hati dan diperoleh dari asupan makanan.

Kolesterol bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat dinding pembuluh darah. Hal ini kemudian dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: Mengapa Sakit Kepala Jadi Gejala Khusus Omicron? Begini Penjelasannya

Seperti dinukil dari Alodokter, berikut makanan yang digemari mahasiswa dan memiliki kandungan kolesterol tinggi yang patut diwaspadai.

1. Makanan Cepat Saji

Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji seperti hamburger, pizza, dan hotdog dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Apabila kalian mengonsumsi sesekali masih terbilang aman, tetapi jika terlalu sering mengonsumsinya tidak baik untuk tubuh. Hal ini berpotensi meningkatkan risiko terkena diabetes, penyakit jantung hingga kanker.

2. Gorengan

Makanan yang satu ini pastinya banyak digemari masyarakat Indonesia, seperti kentang goreng dan ayam goreng. Namun kalian harus hati-hati dalam mengonsumsi gorengan karena gorengan memiliki kalori yang tinggi, banyak mengandung lemak jenuh, dan lemak trans. Ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)