Multigrain, Makanan Sehat Kekinian Pengganti Nasi

Minggu, 16 Januari 2022 - 06:48 WIB
loading...
Multigrain, Makanan Sehat Kekinian Pengganti Nasi
HH Multigrain diformulasi dari biji-bijian serta kacang-kacangan aneka warna yang kaya serat, protein, dan antioksidan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Nasi masih menjadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya belum makan jika belum ketemu nasi. Mindset seperti ini justru sering menimbulkan kesalahan dalam pengaturan asupan gizi harian, di mana orang cenderung mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

Tidak jarang kita temukan dalam menu makanan, sumber karbohidrat bertemu dengan karbohidrat lain. Misalnya makan mi instan pakai nasi. Bisa dibayangkan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi double.

Nasi atau beras bukan satu-satunya sumber karbohidrat. Kita bisa memperoleh asupan karbohidrat dari sumber lain seperti jagung, gandum, kentang, ubi, dan lain-lain. Salah satu yang sedang populer saat ini sekaligus memiliki nilai gizi yang beragam adalah multigrain.

Jika nasi berasal dari satu jenis biji-bijian yaitu beras, multigrain bersumber dari biji-bijian, serelia, dan kacang-kacangan yang tidak hanya menjadi sumber karbohidrat namun juga tinggi protein, serat, serta mineral.

"Multigrain yang bersumber dari berbagai jenis biji-bijian membuat pangan ini tidak hanya menjadi sumber karbohidrat, tetapi juga beberapa jenis tinggi protein dan beberapa lainnya tinggi serat, sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan kita," terang Ahli Gizi Seala Septiani, S.Gz, M. Gizi dalam seminar online bertajuk Multigrain: Sereal Sehat Disukai Milenials, belum lama ini.

Seala menuturkan, banyak penelitian terkini menunjukkan hubungan yang signifikan antara konsumsi multigrain dengan penurunan kadar gula darah, kolesterol, serta perbaikan di sistem pencernaan. Hal ini sangat berhubungan dengan kandungan serat yang tinggi pada multigrain yang berdampak baik pada pencernaan di dalam tubuh.

“Melihat tingginya kasus diabetes dan penyakit jantung di Indonesia, mungkin budaya konsumsi multigrain di Indonesia perlu ditingkatkan” ujarnya.

HH Multigrain menjadi jawaban yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai budaya hidup sehat. HH Multigrain diformulasi dari biji-bijian serta kacang-kacangan aneka warna yang kaya serat, protein, dan antioksidan. Komposisi HH Multigrain mewakili enam warna fitonutrien yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan serat tidak larut di dalam HH multigrain membantu melancarkan sistem pencernaan, sedangkan kandungan serat larut (beta glucan) sangat baik untuk mengontrol gula darah dan kolesterol jika diikuti pengaturan pola makan yang tepat.

Satu takaran saji HH Multigrain (1 sachet) hanya 100 kkal sehingga sangat cocok untuk yang sedang melakukan pengaturan pola makan dengan tujuan penurunan berat badan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)