Studi Terbaru Ungkap Anak-anak Lebih Rentan Terinfeksi Omicron Dibanding Orang Dewasa, Ini Penjelasannya

Minggu, 16 Januari 2022 - 17:38 WIB
loading...
Studi Terbaru Ungkap Anak-anak Lebih Rentan Terinfeksi Omicron Dibanding Orang Dewasa, Ini Penjelasannya
Hasil studi terbaru di Inggris mengungkap bahwa anak-anak lebih rentan terinfeksi varian Omicron daripada orang dewasa. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDONews
A A A
JAKARTA - Hasil studi terbaru di Inggris mengungkap bahwa anak-anak lebih rentan terinfeksi varian Omicron daripada orang dewasa. Namun, dilaporkan gejala yang ditimbulkan cenderung lebih ringan.

Studi yang dirilis pada hari Jumat (14 Januari 2022), menemukan ada peningkatan proporsi anak kecil yang dirawat di rumah sakit dalam empat minggu terakhir, didorong oleh bayi di bawah satu tahun.

Dari anak-anak yang dirawat di rumah sakit yang terinfeksi Covid-19, sekitar 42 persen berusia di bawah 1 tahun. Dibandingkan pada gelombang sebelumnya yang hanya sekitar 30 persen saja. Meski demikian, para peneliti menekankan bahwa penyakitnya masih relatif ringan.

"Ini bukan bayi yang sakit. Faktanya, mereka datang untuk waktu yang singkat," kata Calum Semple, Profesor Kesehatan Anak dan Pengobatan Wabah, Universitas Liverpool, dikutip dari Channel News Asia, Minggu (16/1/2022).



Lebih lanjut, Calum Semple menyatakan bahwa langkah untuk memvaksinasi anak di bawah 12 tahun merupakan solusi sementara untuk menekan jumlah anak-anak yang dirawat inap di rumah sakit. Namun hal tersebut belum bisa dibuktikkan dengan pasti.

Sementara itu, Profesor Kesehatan Anak dan Remaja, Russell Viner mengatakan bahwa meningkatnya jumlah pasien anak-anak di rumah sakit yang terinfeksi Omicron lantaran menyerupai kondisi gangguan pernapasan.

Sehingga mendorong para orang tua membawa bayinya ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan penyakit. Dia mengatakan bahwa data itu baru awal dan bisa berubah.

"Tinjauan data klinis ini sangat cepat dan sangat meyakinkan," kata Russelll Viner.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)