5 Manfaat Telur Bebek yang Jarang Diketahui, Nomor Terakhir Cocok Dikonsumsi di Tengah Pandemi

Minggu, 16 Januari 2022 - 19:09 WIB
loading...
5 Manfaat Telur Bebek yang Jarang Diketahui, Nomor Terakhir Cocok Dikonsumsi di Tengah Pandemi
Telur bebek merupakan sumber makanan yang sangat baik karena memiliki kuning telur yang lebih kaya protein dibandingkan dengan telur ayam. Foto/Ilustrasi/Dok.Koran Sindo
A A A
JAKARTA - Telur bebek merupakan sumber makanan yang sangat baik karena memiliki kuning telur yang lebih kaya protein dibandingkan dengan telur ayam.

Selain mengandung protein, lemak, dan antioksidan, telur bebek juga mengandung multivitamin dan mineral. Misalnya, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan mangan.

Sebutir telur bebek mengandung 130 kalori, 9 gr protein, 1 gr karbohidrat, 100 mg sodium, 150 mg kalium, 154 gr fosfor, dan 600 mg kolesterol.

Beda dengan telur bebek, sebutir telur ayam mengandung 60 kalori, 5,5 gr protein, 0,3 gr karbohidrat, 60 mg natrium, 60 mg kalium, 85 mg fosfor, dan 165 mg kolesterol.



Telur bebek menjadi pilihan makanan yang populer bagi orang-orang dari segala usia karena nilai gizinya yang tinggi. Berikut 5 manfaat telur bebek bagi kesehatan dilansir dari Stylecraze:

1. Membantu Mencegah Kanker

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuning telur bebek telah menghambat pertumbuhan dan pergerakan sel kanker.

Sehingga menunjukkan bahwa telur bebek dapat memainkan peran penting dalam memerangi kanker.

2. Memperkuat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu nutrisi penting untuk pembentukan tulang yang sehat adalah kalsium.

Seperti yang terlihat dari kandungan nutrisi dari telur bebek mengandung sumber kalsium yang lebih tinggi daripada telur ayam.



Hasil penelitian menunjukkan bahwa telur bebek dapat berperan dalam menjaga kesehatan tulang.

3. Sumber Antioksidan yang Tinggi

Telur bebek mengandung asam amino dan karotenoid yang cukup tinggi. Sebuah penelitian dilakukan untuk menguji pengaruh penggaraman terhadap aktivitas antioksidan telur bebek.

Para peneliti melihat bahwa mengasinkan telur bebek meningkatkan aktivitas antioksidannya secara signifikan, sehingga menunjukkan bahwa telur bebek merupakan sumber antioksidan.

4. Berperan Melawan Bakteri

Sebuah penelitian laboratorium menemukan bahwa protein yang terkandung dalam putih telur bebek, menunjukkan aktivitas antibakteri yang signifikan melawan bakteri jahat.

5. Memperkuat Imunitas

Vitamin A yang terdapat pada telur bebek akan meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas, sehingga sangat cocok dikonsumsi selama pandemi.

Tercukupinya kebutuhan vitamin A tersebut akan membantu memerangi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9041 seconds (0.1#10.140)