Studi: Pria Tampak Lebih Menarik saat Pakai Masker Medis

Selasa, 18 Januari 2022 - 15:10 WIB
loading...
Studi: Pria Tampak Lebih Menarik saat Pakai Masker Medis
Menurut hasil studi di Universitas Cardiff, pemakaian masker medis telah meningkatkan daya tarik seseorang, khususnya pria. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah mengubah pandangan masyarakat tentang keberadaan masker medis . Kalau dulu masker medis erat kaitannya dengan kesakitan dan penyakit, kini masker tersebut justru memiliki value lebih terhadap visual seseorang.

Tahukah Anda, menurut hasil studi dari para peneliti di Universitas Cardiff, Inggris, yang dipublikasikan baru-baru ini, pemakaian masker medis telah meningkatkan daya tarik seseorang. Demikian bunyi laporan yang dikutip dari USA Today, Selasa (18/1/2022).



“Masker memang menutupi sebagian wajah Anda, sehingga peningkatan daya tarik bisa dikaitkan dengan keindahan oklusi," kata para peneliti.

Studi ini digelar sebagai bagian dari penelitian berkelanjutan yang mengeksplorasi daya tarik dan pilihan pasangan serta bagaimana norma-norma hidup berubah setelah pandemi Covid-19. Penelitian melibatkan 43 orang mahasiswa psikologi Universitas Cardiff dengan melihat 40 wajah pria, 20 di antaranya menarik dan 20 di antaranya dinilai tidak menarik.





Ke-40 wajah pria yang dinilai ditampilkan dalam empat cara berbeda, yakni dengan memakai masker medis, masker kain, dengan memegang buku di depan wajah mereka, dan tanpa memakai masker sama sekali.

Hasilnya, peserta wanita mendapati wajah pria paling menarik ketika para pria tersebut mengenakan masker medis. Selain itu, peserta wanita menemukan pria yang memakai masker kain setidaknya terlihat lebih menarik daripada wajah pria yang tidak pakai masker sama sekali. Meski wajah pria yang memakai masker kain tetap dianggap tak semenarik pria yang mengenakan masker medis.

Salah satu penulis penelitian yang terlibat, Michael Lewis, mengaku kaget dengan hasil penelitian ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)