5 Negara Paling Bersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Selasa, 18 Januari 2022 - 17:00 WIB
loading...
5 Negara Paling Bersih di Dunia, Indonesia Termasuk?
Sebuah lembaga penelitian Environmental Peformance Index melakukan penelitian dengan membuat daftar 5 negara terbersih di dunia. Mulai dari Swedia hingga Swiss. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Sebuah lembaga penelitian Environmental Peformance Index melakukan penelitian dengan membuat daftar lima negara terbersih di dunia. Mulai dari Swedia hingga Swiss.

Sekadar diketahui, tingkat kebersihan dipastikan berbanding lurus dengan kesehatan. Semakin bersih suatu wilayah atau negara, maka akan tinggi pula tingkat kesehatannya.

Lebih luas lagi, tingkat kebersihan suatu wilayah atau negara juga akan berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kebahagiaan masyarakat di suatu negara. Lantas, kira-kira negara mana saja yang masuk dalam negara paling bersih versi Environmental Performance Index? Berikut daftarnya:

Swedia
5 Negara Paling Bersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Swedia merupakan salah satu negara di Semenanjung Skandinavia yang memang sudah terkenal dengan kebersihan, damai, dan berkembang dengan baik.



Swedia menempati urutan ke 5 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor sebesar 80.51. Beberapa diantaranya bahkan berpendapat negara ini seharusnya menempati peringkat pertama.

Pemerintah negara Swedia melalui peraturan-peraturannya turut berperan dalam menjaga lingkungan agar lebih bersih dan meningkatkan penghijauan di Swedia.

Peraturan tersebut antara lain meliputi penggunaan energi terbarukan serta menetapkan kebijakan tentang daur ulang sampah. Swedia diakui mempunyai sistem daur ulang sampah yang paling efisien.

Malta
5 Negara Paling Bersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Malta menempati urutan ke 4 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor sebesar 80.90. Hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintah Malta dalam upayanya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sebuah negara kepulauan yang relatif kecil dengan luas wilayah sekitar 316 km.



Selain itu, wilayah Malta dikelilingi oleh Laut Mediterania. Negara ini terkenal dengan laut dan pantai. Struktur wilayah daratan Malta adalah pegunungan yang terdiri dari bebatuan kapur.

Meskipun tidak mempunyai hutan dan sungai, negara ini memiliki kualitas udara yang sangat bagus dan dijaga kebersihannya.

Denmark
5 Negara Paling Bersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Denmark adalah sebuah negara kepulauan yang berada di Semenanjung Skandinavia. Negara ini mempunyai luas wilayah sekitar 42.933 km, dan menempati peringkat ke 3 negara terbersih di dunia dengan skor sebanyak 81.60.

Menurut beberapa survei yang berbeda, Denmark juga merupakan salah satu dari negara-negara paling bahagia di dunia.

Nilai lebih dari negara ini adalah penekanan terhadap kebijakan penggunaan energi terbarukan sehingga membuat lingkungannya tetap terjaga. Orang-orang Denmark juga terkenal ramah dan suka bersosialisasi. Mereka suka menampilkan senyum di wajahnya.

Prancis
5 Negara Paling Bersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Prancis adalah negara yang terletak di bagian barat Benua Eropa. Negara ini juga merupakan negara terbesar ketiga di Eropa dengan luas wilayah sekitar 640.679 km.

Meskipun wilayahnya terbilang besar dan jumlah penduduk yang relatif lebih banyak dibandingkan negara Eropa lain, hal tersebut tidak berpengaruh negatif terhadap kebersihan negara tersebut.

Terbukti negara Prancis menempati peringkat ke 2 sebagai negara terbersih di dunia dengan skor sebesar 83.95. Prancis menjadi salah satu negara paling ramah lingkungan dan paling rapi di dunia.

Negara ini menerima penilaian skor tertinggi pada kualitas udara, sanitasi air, dan perikanan.

Swiss
5 Negara Paling Bersih di Dunia, Indonesia Termasuk?

Swiss mendapat peringkat pertama sebagai negara terbersih di dunia dengan mengalahkan 179 negara lain dalam hal kebersihannya. Swiss mendapatkan skor sebesar 87.42.

Nilai tambah dari negara ini adalah hutannya yang masih terjaga, margasatwa, dan kualitas air yang aman dan bersih. Swiss merupakan negara yang mampu memaksimalkan pemanfaatan sumber dayanya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

60 persen dari kebutuhan listrik di negara ini memanfaatkan pembangkit listrik tenaga air. Negara ini juga menjadi salah satu yang mendapatkan pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Keindahan alam di Swiss juga menjadikan negara ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)