Kenali Risiko Prosuder Pembekuan Sel Telur seperti Dilakukan Luna Maya

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:00 WIB
loading...
Kenali Risiko Prosuder Pembekuan Sel Telur seperti Dilakukan Luna Maya
Pembekuan sel telur atau egg freezing memiliki berbagai risiko. Kenali dulu sebelum mencobanya. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Luna Maya belum lama ini mengaku telah melakukan prosedur pembekuan sel telur atau lebih dikenal dengan istilah egg freezing. Mantan kekasih Ariel Noah itu memutuskan untuk melakukan hal tersebut agar bisa memperoleh keturunan di masa depan.

Merangkum laman Mayo Clinic, Kamis (20/1/2022), egg freezing juga dikenal sebagai mature oocyte cryopreservation. Ini adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan kemampuan wanita untuk hamil di masa depan.



Sel telur yang diambil dari ovarium perempuan, dibekukan tanpa dibuahi dan disimpan untuk digunakan di kemudian hari. Sel telur yang beku ini dapat dicairkan, lalu dikombinasikan dengan sperma di laboratorium dan ditanamkan di rahim (fertilisasi in vitro).

Di sisi lain, proses egg freezing ini ternyata juga memiliki berbagai risiko. Beberapa di antaranya adalah:





1. Kondisi yang berhubungan dengan penggunaan obat kesuburan

Penggunaan obat kesuburan suntik seperti hormon perangsang folikel sintetis atau hormon luteinizing untuk menginduksi ovulasi. Kondisi ini dapat menyebabkan ovarium menjadi bengkak dan nyeri segera setelah ovulasi atau pengambilan sel telur (ovarium hyperstimulation syndrome).

Tanda dan gejalanya seperti sakit perut, kembung, mual, muntah dan diare. Kemungkinan terburuknya adalah mengembangkan sindrom yang lebih parah dan dapat mengancam jiwa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)