4 Kota Paling Tenang di Dunia, Nomor 3 Kemacetan Lalu Lintasnya Sangat Rendah

Jum'at, 28 Januari 2022 - 23:21 WIB
loading...
4 Kota Paling Tenang di Dunia, Nomor 3 Kemacetan Lalu Lintasnya Sangat Rendah
Wilayah perkotaan identik dengan suasana yang ramai dan dipenuhi orang, namun ada beberapa kota di dunia yang ternyata memiliki atmosfer tenang. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Wilayah perkotaan identik dengan suasana yang ramai dan dipenuhi orang. Namun, ada beberapa kota di dunia yang ternyata memiliki atmosfer tenang.

Tentu saja hal ini menjadi daya pikat tersendiri bagi siapa pun yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk kota, namun tanpa kehilangan fasilitas yang mungkin tidak akan ditemui jika berada di pedesaan.

Dalam merayakan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Icelandair merilis peringkat 20 kota paling tenang di seluruh dunia di tahun 2021.

Baca juga: 6 Artis yang Buka Warung di Depan Rumah, Nomor 3 Jualan Mie Ayam

Penilaian kota ini dilakukan berdasarkan beberapa kategori, seperti polusi cahaya, kemacetan, tingkat kebahagiaan, dan kemacetan lalu lintas. Berikut adalah beberapa kota paling tenang di dunia.

1. Reykjavik, Islandia

Tempat ketiga diisi Reykjavik, Islandia, yang mendapat nilai tinggi berkat lokasinya yang dikelilingi oleh keindahan alam. Kota ini memiliki ruang hijau terluas dibandingkan kota-kota lain, yakni mencapai 410,84 meter persegi per kapita.

Banyaknya ruang hijau berkontribusi langsung terhadap rendahnya persentase polusi suara dan cahaya yang terdapat di kota ini, yakni 19, 6. Tidak berbeda jauh dengan dua kota sebelumnya, penduduk Reykjavik memiliki harapan hidup mencapai 82,6 tahun.

2. Perth, Australia

Rumah bagi taman dalam kota terbesar di dunia, Perth, Australia, berada di tempat kedua dalam deretan kota paling tenang di dunia. Tingkat kebahagiaan penduduk kota ini cukup tinggi, menyentuh 7,253.

Selanjutnya, skor pencemaran udara dan cahaya yang dimiliki kota ini pun cukup bagus, 32.33. Seperti Bergen, rata-rata penduduk yang tinggal di Perth memiliki harapan hidup hingga 83 tahun.

3. Bergen, Norwegia

Bergen, Norwegia, menempati peringkat teratas untuk tingkat kemacetan lalu lintas yang paling rendah, yakni hanya menyentuh angka 13%. Tingkat polusi cahaya dan suara di kota ini juga tergolong rendah, hanya sebesar 25.

Harapan hidup rata-rata yang tinggi di kota ini, yaitu 83 tahun, juga menjadi salah satu indikator penting bagi kota ini. Keseluruhan nilai yang diperoleh Bergen adalah 5,20, menjadikan kota tersebut sebagai kota yang paling tenang di dunia.

4. Helsinki, Finlandia

Ibu kota Finlandia yang juga merupakan kota terbesar di negara tersebut, Helsinki, menduduki tempat keempat dengan total skor 7,67. Angka kebahagiaan penduduk setempat merupakan angka tertinggi jika dibandingkan dengan kota lain, yakni mencapai 7,828.

Baca juga: 8 Rumah Tangga Artis Hancur karena Selingkuh, Nomor 4 Main Gila dengan Teman Istrinya

Hal itu mungkin sedikit banyak dipengaruhi oleh kecilnya tingkat kemacetan yang terjadi di kota tersebut, yakni hanya mencapai 15%. Angka rata-rata harapan hidup penduduk Helsinki mencapai 81,85 tahun.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2569 seconds (0.1#10.140)