Bolehkah Penderita Kolesterol Tinggi Makan Durian? Ini Jawabannya!

Senin, 31 Januari 2022 - 16:05 WIB
loading...
Bolehkah Penderita Kolesterol Tinggi Makan Durian? Ini Jawabannya!
Penderita kolesterol tak perlu was-was untuk menyantap durian, karena durian mengandung lemak yang baik untyk tubuh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bolehkah penderita kolesterol tinggi makan durian? Pertanyaan ini sering terlintas di benak orang yang memiliki kolesterol tinggi saat hendak menyantap durian.Mereka seringkali khawatir buah ini menjadi penyebab naiknya kolesterol dan tekanan darah.Ternyata itu hanya mitos belaka.

Buah yang dijukuki King of Fruits alias raja buah-buahan ini ternyata tidak mengandung kolesterol seperti anggapan selama ini.
Justru sebaliknya, durian ternyata mengadung kolesterol baik. Melansir dari laman Helathline, durian tidak mengandung kolesterol. Justru lemak yang ada dalam durian adalah lemak tak jenuh tunggal dan membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida LDL.

Buah ini juga memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Melansir dari Healthline, di dalam satu cangkir (243 gram) buah durian terdapat beberapa nutrisi seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, kalori, serat, protein, magnesium, dan masih banyak yang lainnya. Buah dengan bau harum yang khas ini juga mengandung beberapa senyawa sehat termasuk antosianin, karotenoid, polifenol, dan flavonoid.

Senyawa-senyawa tersebut banyak di antaranya yang berfungsi sebagai antioksidan.Tak hanya buahnya yang banyak manfaat kesehatannya. Semua bagian tanaman durian seperti daun, kulit, akar, dan buah sudah sejak jaman dulu digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk demam tinggi, penyakit kuning, dan kondisi kulit lainnya.

Baca Juga : 5 Makanan Enak Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat, Durian Salah Satunya

Nah berikut ini manfaat konsumsi buah duruan bagi kesehatan:

1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Seperti buah alpukat, durian ternyata mengandung lemak tak jenuh yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko aterosklerosis, atau pengerasan pembuluh darah. Senyawa dalam durian juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Menurunkan Gula Darah

Masuk dalam golongan buah-buahan, durian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada banyak buah tropis lainnya. Ini artinya durian ini dapat menurunkan kadar gula darah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1502 seconds (10.101#12.26)