Serai Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ampuh Usir Lemak Jahat

Rabu, 02 Februari 2022 - 05:05 WIB
loading...
Serai Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ampuh Usir Lemak Jahat
Serai menurunkan kolesterol tinggi secara ampuh sekaligus mengusir lemak jahat. Kolesterol tinggi mengakibatkan masalah kesehatan seperti serangan jantung. Foto/Medical News Today
A A A
JAKARTA - Serai menurunkan kolesterol tinggi secara ampuh sekaligus mengusir lemak jahat. Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan umum dan juga utama karena dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi, nyeri dada, serangan jantung, stroke dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Dilansir dari The Health Site, Rabu (2/2/2022) jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan kolesterol tinggi , menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga adalah hal yang harus dilakukan. Anda bisa mencoba menggunakan serai.

Serai berasal dari kelompok rumput dalam genus tanaman Cymbopogon, yang merupakan tanaman tahunan yang biasa ditemukan di daerah beriklim hangat atau negara tropis terutama di Asia Tenggara. Beberapa penelitian menemukan serai memiliki banyak kegunaan obat yang juga termasuk menurunkan kadar kolesterol.

Serai Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ampuh Usir Lemak Jahat



Ini karena serai memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology pada 2011 oleh peneliti Brasil menemukan bahwa asupan serai bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Dalam penelitian ini, tikus laboratorium diberi minyak atsiri serai selama 21 hari (100 mg/kg).

Hasilnya menunjukkan bahwa kolesterol darah berkurang dan tidak ada efek samping yang dilaporkan. Hanya dua tetes minyak esensial serai cukup untuk menuai manfaat obatnya. Anda dapat menambahkannya ke segelas air hangat di pagi hari dan meminumnya saat sarapan pagi.

Anda juga bisa mencoba masala chai yang menenangkan ini dengan serai. Ini merupakan cara unik menggunakan serai untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)