Kaya Antioksidan, Hidrogen Bermanfaat untuk Lawan Infeksi Omicron

Selasa, 01 Februari 2022 - 12:12 WIB
loading...
Kaya Antioksidan, Hidrogen Bermanfaat untuk Lawan Infeksi Omicron
Hidrogen merupakan salah satu sumber kaya antioksidan yang bermanfaat untuk membantu pemulihan tubuh dari serangan virus dan penyakit lain. Foto/Dok. LiveWell Global
A A A
JAKARTA - Kasus Omicron mengalami lonjakan di banyak negara, termasuk Indonesia. Varian baru Covid-19 ini diketahui memiliki kemampuan menginfeksi manusia lebih tinggi.

Omicron mampu beradaptasi dan bermutasi dengan menciptakan jenis protein permukaan baru. Hal ini akan terus berjalan selama ada manusia yang terinfeksi.

“Kemampuan virus menginfeksi manusia pada Omicron lebih tinggi daripada jenis Delta. Varian Omicron mempunyai protein permukaan yang dapat menghindari pemeriksaan serta cenderung lebih tahan terhadap vaksin dasar atau tahap awal,” tutur dr. Bintang Cristo Sp.BS, Spesialis Bedah Saraf dan Tenaga Medis Covid-19 di Rumah Sakit PGI Cikini, Jakarta Pusat, dalam seminar kesehatan bertema Manfaat Air Hidrogen, belum lama ini.

Penerapan protokol kesehatan, vaksinasi, dan memperkuat daya tahan tubuh diperlukan untuk melawan infeksi virus ini. Pada pasien penderita varian Omicron dibutuhkan nutrisi yang bergizi dan kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi proses peradangan sekaligus pemulihan akibat virus.

“Antioksidan pada pasien Omicron jelas akan membantu mengurangi proses peradangan dengan memerangi radikal bebas tubuh yang mengganggu sel-sel tubuh bekerja optimal sehingga tugas pemulihan organ menjadi lebih cepat,” ujar dr. Bintang.

Hidrogen merupakan salah satu sumber kaya antioksidan yang bermanfaat untuk membantu pemulihan tubuh dari serangan virus dan penyakit lain. Dokter Bintang menjelaskan, penggunaan hidrogen baik diminum maupun inhalasi, dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada penyintas Covid-19 yang umumnya berupa peradangan paru-paru.

”Penggunaan air dan inhalasi hidrogen terbukti secara penelitian dapat mengurangi peradangan tubuh akibat infeksi virus Covid-19 yang umumnya berupa peradangan paru-paru. Dengan menggunakan hidrogen terlarut air sebagai antiinflamasi dan antioksidan, maka tubuh mendapat manfaat untuk mengurangi serta mengatasi peradangan, juga melawan radikal bebas,” terang dr. Bintang.

Menurut Leonardo Wiesan, pendiri LiveWell Global, perusahaan direct-selling yang memegang izin eksklusif generator hidrogen portabel Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler dari Korea Selatan, terdapat berbagai jurnal penelitian yang melaporkan hasil penelitian mengenai manfaat hidrogen untuk pemulihan pasien Covid-19. Di antaranya Frontiers in Pharmacology (2020) yang berjudul Hydrogen: A Potential New Adjuvant Therapy for COVID-19 Patients dan pada Research Repository University of the West of England yang dipublikasi pada 2020.

Leo mengatakan, masyarakat Indonesia saat ini sudah tak asing dengan manfaat air dan inhalasi hidrogen.

“Sudah banyak masyarakat Indonesia yang merasakan langsung manfaat hidrogen baik diminum maupun inhalasi, untuk membantu pemulihan berbagai penyakit. Termasuk membantu pemulihan para penyintas Covid-19,” katanya.

Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler diimpor dari Korea Selatan dengan teknologi Proton Exchange Membrane (PEM) pada generatornya yang mampu menghasilkan air serta gas hidrogen berkadar tinggi mencapai 1500 part per billion.

Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler sudah dilengkapi dengan berbagai sertifikat internasional di antaranya FDA, NSF, KTR, dan Johnson Matthey. "Selain itu, Hydro-Gen Fontaine PEM & Inhaler berkapasitas 500 ml praktis, bisa dibawa ke mana-mana,” tutup Leo.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)