Infeksi Omicron Sering Diawali dengan Gejala Sakit Tenggorokan

Selasa, 01 Februari 2022 - 20:01 WIB
loading...
Infeksi Omicron Sering Diawali dengan Gejala Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan dilaporkan sebagai gejala umum beberapa varian Covid-19, tetapi Omicron, dokter mengatakan sakit tenggorkan menjadi gejala pertama. Foto/Best Life
A A A
JAKARTA - Sakit tenggorokan dilaporkan sebagai gejala umum dari beberapa varian Covid-19 sebelumnya, tetapi dengan Omicron , dokter mengatakan sakit tenggorkan menjadi gejala pertama seseorang terinfeksi.

"Bagi kebanyakan orang, kasus positif Omicron akan terasa lebih seperti flu biasa, dimulai dengan sakit tenggorokan," kata Tim Spector, seorang profesor epidemiologi di King's College London dan pendiri Zoe COVID Symptom Study.

Gejala umum ini bahkan mungkin lebih mudah dikenali pada kelompok orang tertentu yang terinfeksi Omicron. Allison Arwady, MD, komisaris untuk Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago, mejelaskan sakit tenggorokan paling sering dilihat sebagai indikator Omicron pada orang yang divaksinasi atau mendapatkan vaksin booster.

"Pada orang-orang yang kami lihat infeksi terobosan yang lebih ringan ini, kami pasti melihat sakit tenggorokan sebagai prediktor dalam kelompok itu," jelas Arwady dilansir dari Best Life, Selasa (1/2/2022).




Sakit tenggorokan bisa menjadi indikator sejumlah penyakit, tetapi sakit tenggorokan karena Omicron adalah ciri khasnya.

Jorge Moreno, MD, seorang internis dan asisten profesor kedokteran di Yale School of Medicine mengungkapkan bahwa banyak pasiennya melaporkan gejala awal yang sama yakni sakit tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit yang tajam ketika mereka menelan.

"Ini adalah gejala yang sangat menonjol. Ini tidak seperti gelitik kecil di tenggorokan. Jika mereka melaporkannya, mereka mengatakan bahwa tenggorokan mereka terasa sakit," ungkap Moreno.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)