Tips Merawat Kulit buat Hijabers agar Terhindar Transepidermal Water Loss

Sabtu, 05 Februari 2022 - 16:53 WIB
loading...
Tips Merawat Kulit buat Hijabers agar Terhindar Transepidermal Water Loss
Merawat kulit menjadi salah satu hal yang penting dilakukan para perempuan, tak terkecuali hijabers. / Foto: ilustrasi/
A A A
JAKARTA - Merawat kulit menjadi salah satu hal yang penting dilakukan para perempuan, tak terkecuali hijabers. Walaupun tampil tertutup, akan tetapi perempuan berhijab juga perlu merawat kesehatan kulit agar tetap lembab dan sehat.

Namun, masih banyak hijabers yang enggan menggunakan pelembab karena dirasa menambah gerah dan rasa lengket.

Hal tersebut akan menimbulkan transepidermal water loss, di mana proses penguapan kulit akan meningkat hingga kulit pun cenderung kering sepanjang hari.

Baca juga: Status Negatif Covid-19 tapi Warna PeduliLindungi Masih Hitam? Ini Penjelasannya

Menyaksikan kondisi tersebut, ahli dermatologis, dr. Ika Anggraini, Sp. DV memberikan beberapa tips merawat kulit untuk para hijabers. Dan berikut ini tips yang bisa dilakukan.

1. Mandi Dua Kali Sehari dengan Air Biasa

Dokter Ika menyebutkan jika mandi cukup dilakukan dua kali dalam sehari. Sebaiknya menggunakan air biasa dibandingkan air hangat karena temperatur yang berbeda akan membuat kulit cenderung lebih.

"Mandinya cukup dua kali sehari dengan air biasa atau suam-suam kuku aja," kata dr. Ika Anggraini dalam Virtual Press Conference Nivea Hijab Series, Sabtu (5/2/2022).

Para hijabers juga diimbau untuk menggunakan sabun berpelembab. Ini bisa dilihat dari kemasan produk. Biasanya akan ada tulisan "hypoallergenic" untuk pasien yang kecenderungan dermatitis, sementara untuk pemilik kulit kering bisa menggunakan sabun yang tidak berbusa agar tetap lembab sepanjang hari.

2. Skincare Halal dan Nonalkohol
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1673 seconds (10.101#12.26)