5 Kota Terbersih di Indonesia, Nomor Terakhir Penyangga Ibu Kota

Selasa, 08 Februari 2022 - 17:35 WIB
loading...
5 Kota Terbersih di Indonesia, Nomor Terakhir Penyangga Ibu Kota
Kota terbersih di Indonesia, diantaranya Kota Tangerang yang merupakan penyangga ibu kota DKI Jakarta. Foto/Pemkot Tangerang
A A A
JAKARTA - Kota terbersih di Indonesia dengan berbagai versi dan penilaian setiap tahunnya selalu dipilih. Hampir seluruh kota di Indonesia bersaing untuk menjadi juara dan meraih piala Adipura maupun penghargaan bertajuk kota terbersih lainnya.

Tentunya, untuk menjadi kota terbersih di Indonesia membutuhkan berbagai macam kriteria yang akan dinilai layak atau tidaknya mendapatkan gelar penghargaan kota terbersih.

Berikut 5 kota terbersih di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kota Semarang
5 Kota Terbersih di Indonesia, Nomor Terakhir Penyangga Ibu Kota

Kota terbersih di Indonesia yang pertama adalah Kota Semarang. Kota Semarang merupakan sebuah kota yang terkenal dengan pusat perdagangan dan kota jasa. Kota Semarang atau biasa disebut Kota Lumpa saat tercatat sebagai kota terbesar kelima di Indonesia.



Beberapa waktu yang lalu, Kota Semarang berhasil menyabet penghargaan sebagai salah satu kota wisata terbersih di ASEAN versi ASEAN Clean Tourist City Periode 2020-2022. Hal tersebut tentu menjadi sebuah prestasi membanggakan bagi kota yang memiliki 1,7 juta jiwa tersebut. Kerjasama antara pemerintah daerah serta seluruh lapisan masyarakat kota Semarang terbayarkan dengan raihan penghargaan kota terbersih tersebut.

Penghargaan ini bukanlah penghargaan pertama kali bagi kota Semarang, karena kota Semarang tercatat sebagai kota di Indonesia yang berhasil mendapat penghargaan Adipura 6 kali sejak tahun 2012.

2. Kota Surabaya
5 Kota Terbersih di Indonesia, Nomor Terakhir Penyangga Ibu Kota

Kota terbersih di Indonesia yang berikutnya adalah kota Surabaya. Kota Surabaya terkenal dengans sebutan kota Pahlawan, karena sejarahnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Surabaya mendapatkan predikat sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia berkat bantuan dari Tri Rismaharini yang kala itu masih menjabat sebagai walikota Surabaya. Hasilnya adalah, Kota Surabaya mendapat penghargaan Adipura Kencana pada tahun 2019. Seluruh kerja keras Walikota Surabaya bersama masyarakat sukses mendapat hasil maksimal yang membanggakan.

Selain penghargaan Adipura Kencana tahun 2019, Kota Surabaya tercatat menjadi salah satu dari tiga kota di dunia yang mendapat penghargaan ‘The Sustainable Cities and Human Settlements’. Penghargaan tersebut diraih kota Surabaya karena memiliki sistem pengolahan sampah terpadu yang bisa mengurangi pencemaran lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)