Yuk, Cobain Kopi Buatan Robot Barista dari FamilyMart

Rabu, 09 Februari 2022 - 17:38 WIB
loading...
Yuk, Cobain Kopi Buatan Robot Barista dari FamilyMart
Peresmian Robot Barista di FamilyMart Grand Indonesia East Mall, Jakarta, awal Januari 2022 lalu. Ide jenius pada robot ini, kini sudah diterapkan di Indonesia untuk pertama kalinya.
A A A
JAKARTA - Menikmati kopi hasil racikan barista tentu hal biasa kamu dapatkan saat mengunjungi kafe atau kedai kopi. Namun, apa jadinya kalau segelas kopi diracik dan disajikan oleh Robot Barista. Tentu saja menikmati kopi dari Robot Barista akan menjadi pengalaman unik dan menarik. Yups, apalagi bagi kamu para coffeeholic yang wajib mencoba racikan kopi dari Robot Barista ini.

Uniknya, Robot Barista akan bekerja menyeduh kopi kelas internasional dari berbagai macam origin di Indonesia, dengan menggunakan teknologi kekinian untuk para pecinta kopi. Berbekal fungsi robotik, Robot Barista ini menawarkan user experience dalam berinteraksi/menggunakan produk robot.

Melalui teknologi robot barista ini akan memprioritaskan pelanggan, sekaligus mengedepankan protokol kesehatan, karena hadirkan sensasi baru ngopi yang minim kontak. Robot yang menggunakan teknologi artifical intelligence (AI) ini hadir sebagai bentuk adaptasi pengusaha kopi di tengah pandemi Covid-19.

Robot Barista ini diusung jaringan convenience store (minimarket) FamilyMart dengan membuat layanan pesan minuman kopi yang sepenuhnya dilayani oleh robot. Robot Barista ini terletak di Grand Indonesia East Mall, Jakarta, dan diresmikan awal Januari 2022 lalu. Ide jenius pada robot ini, kini sudah diterapkan di Indonesia untuk pertama kalinya.

Konsep pelayanan robot barista ini cukup unik. Konsep pada pelayanan yang diterapkan adalah self service. Untuk melakukan pemesanannya cukup sederhana, lho! Pembeli cukup menggunakan layar sentuh (touch screen) yang sudah tersedia.
Yuk, Cobain Kopi Buatan Robot Barista dari FamilyMart

Foto. @familymartid

Para pembeli bisa secara langsung memilih kopi yang diinginkan dan selanjutnya akan keluar total seluruh pembayaran yang sudah dipesan. Perlu diperhatikan kembali, apabila kamu berminat untuk mendatangi Robot Barista ini, jangan lupa menyiapkan saldo e-wallet, ya.

Dikarenakan opsi pembayaran hanya bisa menggunakan dompet digital (e-wallet). Setelah itu, pembeli cukup memilih opsi dompet digital yang ada dan scan barcode yang tertera pada layar yang tersedia.

Penyajian kopi sepenuhnya dilakukan secara contactless. Pemesanan minuman dilakukan di tempat menggunakan layar sentuh. Setelah memilih minuman, kemudian dilakukan pembayaran menggunakan e-wallet seperti Dana, Gopay, dan Ovo.

Robot Barista diharapkan dapat meningkatkan gairah masyarakat untuk mencoba berbagai minuman berbasis kopi dan juga minuman lainnya. Harapannya kemudian dapat melakukan pembelian berikutnya ke barista di berbagai toko FamilyMart, sehingga dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan ekonomi.

Sebagai informasi, kehadiran Robot Barista ini tidak menggantikan para karyawan yang di toko offline. FamilyMart tetap fokus menggarap toko offline karena menyerap banyak tenaga kerja.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2126 seconds (10.101#12.26)