Lagi, seorang warga Tibet bakar diri

Senin, 22 Oktober 2012 - 22:27 WIB
Lagi, seorang warga Tibet bakar diri
Lagi, seorang warga Tibet bakar diri
A A A
Sindonews.com – Seorang warga Tibet, Dhondup (50), melakukan aksi nekat dengan membakar dirinya sendiri di dalam biara Labrang, Gansu, China. Seperti dilaporkan The Telegraph, Senin (22/10/2012), Ini adalah kali pertama biara menjadi lokasi aksi bakar diri.

Menurut gerakan Free Tibet, Dhondup membakar diri dekat ruang doa. Tubuhnya tetap di dalam kompleks biara, setelah polisi mencegah para biarawan mengambil jenazah Dhondup.

Dhondup adalah warga Tibet ke-55 yang melakukan aksi bakar diri sejak Maret 2011. Menurut Free Tibet, akhir-akhir ini protes pada pemerintah China dengan cara membakar diri kian meningkat di kalangan warga Tibet.

“Aksi protes warga Tibet kian meningkat. Dhondup adalah warga Tibet ke-8 dalam sebulan terakhir yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk memprotes pemerintahan China. Tujuh dari delapan pelaku bakar diri telah meninggal," kata Stephanie Brigden, Direktur Free Tibet.

Banyak orang Tibet menuduh pemerintah China memberlakukan penindasan agama dan mengikis budaya Tibet. Mayoritas warga China yang berasal dari etnis Han, dianggap telah mengekspansi daerah-daerah yang bernilai historis bagi warga Tibet.

Namun, Pemerintah China menolak tudingan ini. Pemerintah China mengatakan, warga Tibet sudah menikmati kebebasan beragama. Sementara investasi yang dilakukan di beberapa daerah di Tibet, dimaksudkan untuk membawa modernisasi dan standar hidup yang lebih baik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3661 seconds (0.1#10.140)