5 Teh Meredakan Sakit Tenggorokan karena Omicron Menurut Dokter

Sabtu, 12 Februari 2022 - 17:00 WIB
loading...
5 Teh Meredakan Sakit Tenggorokan karena Omicron Menurut Dokter
Sakit tenggorokan salah satu gejala Omicron selain flu dan batuk yang harus diwaspadai. Namun, sakit tenggorokan bisa diatasi secara alami, minum teh misalnya. Foto/Insider
A A A
JAKARTA - Sakit tenggorokan salah satu gejala Omicron selain flu dan batuk yang harus diwaspadai. Kondisi ini juga disebut menjadi gejala pertama seseorang terinfeksi Omicron . Namun, sakit tenggorokan bisa diatasi secara alami, minum teh misalnya.

Secangkir teh hangat bisa menenangkan saat sakit tenggorokan. Ini memiliki beberapa manfaat potensial lantaran banyak teh mengandung antioksidan. Senyawa ini dapat membantu tubuh melawan penyakit, seperti pilek dan virus lainnya.

Mereka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan penyembuhan. Antioksidan juga membantu penyembuhan jaringan. Beberapa teh dan campuran herbal memberikan efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Selain itu, minum cairan dapat menjaga kelembaban tenggorokan dan mengurangi risiko dehidrasi. Ini dapat membantu mengurangi iritasi dan rasa sakit di tenggorokan. Menurut Mayo Clinic, cairan hangat khususnya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.




Lantas teh apa yang dapat mengatasi sakit tenggorokan? Berikut lima teh yang terbukti ampuh mengatasi sakit tenggorokan dilansir dari Insider, Sabtu (12/2/2022).

1. Teh Akar Licorice

5 Teh Meredakan Sakit Tenggorokan karena Omicron Menurut Dokter


"Ada beberapa penelitian yang mendukung bahwa licorice dapat menghilangkan dahak dan lendir dan bertindak sebagai agen pelapis keseluruhan untuk membantu menenangkan sakit tenggorokan," kata ahli gizi, Keri Gans, MS.

Ada tiga zat utama yang ditemukan dalam akar licorice yang dapat membantu sakit tenggorokan, yaitu liquilitin dan liquiritigenin bertindak sebagai ekspektoran, yang melonggarkan lendir dan membuatnya lebih mudah untuk batuk. Glycyrrhizin yang bertindak sebagai penenang, artinya memberikan lapisan pelindung di tenggorokan yang dapat mencegah iritasi saat menelan.

Sebuah studi 2021 mengamati pasien operasi yang memiliki tabung pernapasan yang dimasukkan ke tenggorokan mereka. Ketika mereka bangun, pasien berkumur dengan larutan licorice atau teh hijau. Kedua cairan tersebut membantu mengurangi nyeri tenggorokan, dibandingkan dengan pasien yang tidak berkumur.

2. Teh Hijau

5 Teh Meredakan Sakit Tenggorokan karena Omicron Menurut Dokter


Teh hijau mengandung senyawa antioksidan kuat yang disebut polifenol yang dapat membantu sistem kekebalan Anda melawan virus pilek dan flu, kata Samantha Cassetty, MS, ahli gizi terdaftar dan penulis bersama Sugar Shock.

"Teh hijau juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan sakit tenggorokan. Sifat-sifat ini berasal dari senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate, yang mengurangi protein inflamasi dalam tubuh Anda," jelas Gans.

Hal ini penting karena sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh radang faring atau bagian belakang tenggorokan karena pilek atau flu. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa meminum teh hijau atau mencoba metode berkumur.

"Jika Anda ingin mencoba berkumur dengan teh hijau, pastikan itu hangat, bukan panas karena panas dapat membakar tenggorokan dan mengiritasinya lebih jauh. Berkumur dengan teh hijau selama 30 detik setiap kali, dan Anda dapat berkumur lagi 2 jam kemudian," saran Cassetty.


3. Teh Jahe

5 Teh Meredakan Sakit Tenggorokan karena Omicron Menurut Dokter


Akar jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogoals yang memiliki sifat pereda nyeri dan anti-inflamasi, yang dapat menenangkan sakit tenggorokan. Selain menenangkan, jahe juga dapat membantu Anda meredakan pilek atau flu.

"Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa jahe mungkin memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi virus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan," ujar Gans.

Namun, banyak dari penelitian ini menggunakan ekstrak jahe untuk mengobati virus, yang memiliki dosis senyawa antivirus yang lebih tinggi daripada teh jahe.

4. Teh Slippery Elm

5 Teh Meredakan Sakit Tenggorokan karena Omicron Menurut Dokter


Slippery elm dinamai karena lapisan dalam kulit kayunya, yang mengandung zat yang berubah menjadi gel licin saat dicampur dengan air. Saat Anda makan atau meminumnya, lendir dapat menciptakan lapisan pelindung dan menenangkan di tenggorokan.

Sebuah studi kecil 2004 menemukan bahwa orang dengan radang tenggorokan yang minum teh berbasis elm, licorice, dan marshmallow empat hingga enam kali per hari hingga tujuh hari memiliki rasa sakit tenggorokan yang jauh lebih sedikit daripada orang yang minum teh plasebo.
Anda dapat membeli teh elm licin di beberapa toko makanan kesehatan atau menemukannya di apotek.


5. Teh Marshmallow

5 Teh Meredakan Sakit Tenggorokan karena Omicron Menurut Dokter


Akar marshmallow dapat membantu sakit tenggorokan karena menenangkan. Akar marshmallow juga dapat membantu melonggarkan lendir di tenggorokan Anda, kata Gans. Lendir yang lebih encer berarti Anda dapat batuk dengan lebih mudah sehingga membantu meredakan batuk kering yang mengiritasi tenggorokan.

Sebuah studi awal 2018 mensurvei orang-orang yang mengonsumsi permen atau sirup akar marshmallow untuk mengobati batuk kering. Dalam 10 menit setelah perawatan, sebagian besar orang melaporkan bahwa tenggorokan mereka tidak terlalu teriritasi dan mereka memiliki keinginan yang lebih rendah untuk batuk.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)