11 Tanda Positif Omicron, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Senin, 14 Februari 2022 - 05:43 WIB
loading...
11 Tanda Positif Omicron, Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
Tanda positif Omicron dilaporkan cenderung menyebabkan gejala lebih ringan dibandingkan varian Covid-19 seperti Delta. Meski demikian, tidak boleh diabaikan. Foto/Times of Israel
A A A
JAKARTA - Tanda positif Omicron dilaporkan cenderung menyebabkan gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan varian Covid-19 sebelumnya, seperti Delta . Meski demikian, Omicron tidak boleh diabaikan.

Meski menyebabkan gejala ringan, Omicron jauh lebih menular daripada Delta. Bahkan, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan Omicron sama seperti varian sebelumnya.

"Meskipun Omicron tampaknya tidak terlalu parah dibandingkan dengan Delta, terutama pada mereka yang divaksinasi, itu tidak berarti itu harus dikategorikan sebagai ringan," jelas Tedros dilansir dari iNews.co.uk, Senin (14/2/2022).

"Sama seperti varian sebelumnya, Omicron merawat orang di rumah sakit dan membunuh orang," sambungnya.




Hal senada juga diungkapkan oleh Profesor Tim Spector, ilmuwan utama dalam studi Zoe Covid dan profesor epidemiologi genetik di King's College, London. Menurutnya, meski Omicron seperti pilek bagi banyak orang, namun tetap bisa menyebabkan kematian.

"Penting untuk diingat bahwa meskipun Omicron dan Delta mungkin terasa seperti pilek bagi banyak dari kita, itu masih dapat membunuh atau menyebabkan gejala jangka panjang yang mengganggu kehidupan sehari-hari, terutama bagi orang yang belum pernah terkena flu," jelas Tim Spector.

Lantas apa saja tanda seseorang positif Covid-19? Berikut daftarnya.

1. Demam atau kedinginan
2. Batuk
3. Sesak napas atau kesulitan bernapas
4. Kelelahan
5. Nyeri otot atau tubuh
6. Sakit kepala
7. Kehilangan rasa atau bau baru
8. Sakit tenggorokan
9. Hidung tersumbat atau pilek
10. Mual atau muntah
11. Diare

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2710 seconds (0.1#10.140)