5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien dengan Aman, Nomor Terakhir Ampuh Kurangi Pembengkakan

Senin, 14 Februari 2022 - 13:55 WIB
loading...
5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien dengan Aman, Nomor Terakhir Ampuh Kurangi Pembengkakan
Cara menghilangkan benjolan ambeien ternyata dapat dilakukan dengan beberapa hal alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan benjolan ambeien ternyata dapat dilakukan dengan beberapa hal alami yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Benjolan yang terjadi akibat ambeien ini membuat keadaan tubuh menjadi tidak nyaman ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Ambeien atau wasir merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum yang disertai rasa nyeri, perih, sakit, bahkan dapat menyebabkan pendarahan dubur.

Ambeien atau Hemorrhoids biasanya terjadi karena pembengkakan pembuluh darah vena yang diakibatkan tekanan yang meningkat di bagian bawah rektum.

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti Sembelit, duduk terlalu lama, kekurangan makanan berserat, hingga mengejan terlalu keras saat buang air besar.



Dilansir dari Healthline, pada Senin (14/02/2022), berikut cara menghilangkan benjolan ambeien dengan aman:

1. Kompres dengan Es atau Air Dingin

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang pertama adalah dengan mengompresnya dengan air dingin atau air es.

Hal ini bisa anda lakukan dengan membungkus es batu atau menggunakan kain yang sudah dibasahi air dingin dan menempelkannya ke anus. Lakukan dengan intensitas waktu sekitar 15 menit untuk meredakan pembengkakan pada anus.

Untuk benjolan besar yang memiliki rasa menyakitkan, cara ini bisa menjadi pengobatan yang efektif.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah Buaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang berguna untuk membantu mengurangi iritasi pada kulit, sehingga hal tersebut akan berpengaruh untuk meredakan benjolan ambeien.

Cara ini dapat anda lakukan dengan catatan bahwa anda tidak memiliki alergi terhadap cairan dari lidah buaya tersebut.

3. Mandi Air Hangat dengan Garam

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang selanjutnya adalah mandi dengan air hangat.yang dicampur garam. Cara ini dinilai dapat meredakan iritasi dari benjolan ambeien. Anda dapat mencobanya dengan menyiapkan bak kecil yang diisi air hangat dan garam, kemudian anda bisa membenamkan area yang terkena benjolan ambeien ke dalamnya.

Lakukan hal tersebut selama beberapa menit setelah setiap buang air besar. Penambahan garam di air hangat tersebut akan memberikan efek berupa pengurangan rasa sakit yang terjadi pada benjolan ambeien.

4. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya memiliki kandungan anti-inflamasi yang kuat dan dapat meredakan pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada anggota tubuh.

Cara ini dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi minyak kelapa secara langsung atau bisa juga dengan mengoleskan minyak kelapa dengan kapas pada bagian benjolan ambeien.

5. Witch Hazel

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang selanjutnya adalah dengan Witch Hazel. Witch Hazel merupakan ekstrak tumbuhan yang mengandung tanin yang dipercaya memiliki sifat astringent dan antioksidan.

Witch Hazel dapat meredakan rasa sakit dan gatal pada benjolan ambeien. Hal ini merupakan sifat anti-inflamasi alami yang dapat berguna juga untuk mengurangi pembengkakan.

Witch Hazel dapat Anda temui dalam bentuk produk cair yang bisa langsung digunakan pada benjolan ambeien. Selain itu, Witch Hazel juga dapat ditemui pada produk sabun atau tisu anti gatal.

Demikian beberapa cara menghilangkan benjolan ambeien yang perlu untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda terhadap obat pereda ambeien atau wasir.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)