4 Tips agar Terhindar dari Travel Agent Tak Bertanggung Jawab

Rabu, 16 Februari 2022 - 23:01 WIB
loading...
4 Tips agar Terhindar dari Travel Agent Tak Bertanggung Jawab
Banyak hal yang sebenarnya bisa diantisipasi agar kejadian tidak menyenangkan itu kembali terjadi. / Foto: ilustrasi/dok. Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Dugaan penipuan yang dilakukan salah satu travel agent, di mana menyediakan layanan trip ke Labuan Bajo , Nusa Tenggara Timur (NTT) viral di media sosial.

Permasalahan tersebut telah ditanggapi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dengan menugaskan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) sebagai Satker Kemenparekraf untuk berkoordinasi dengan otoritas setempat.

Namun video yang viral di media sosial itu tampaknya sudah dihapus. Pasalnya, oknum travel agent yang dimaksud sudah menghubungi pihak yang dirugikan, dan memenuhi permintaannya.

Baca juga: Mengapa Janda Lebih Menggoda? Ini 4 Alasannya

Banyak hal yang sebenarnya bisa diantisipasi agar kejadian tidak menyenangkan itu kembali terjadi. Seperti yang dikemukakan oleh salah satu pengusaha agen travel di Labuan Bajo, Rachmat Julio.

Julio, yang sangat menyesal dan kecewa terhadap kejadian tersebut, menilai jika kasus seperti ini merusak citra para pelaku usaha travel agent lainnya dan tentunya merugikan mereka.

"Hal seperti ini merusak. Jadi orang menilai para travel agent lainnya seperti itu juga. Kita udah jungkir balik berusaha bangkit agar pulih kembali, cuma karena satu oknum saja," kata Pemilik AnjaniTrip sekaligus Bendahara Umum HIPMI Manggarai itu dalam keterangannya, Rabu (16/2/2022).

Suami artis Ayu Anjani itu pun menyarankan kepada traveler sebelum memilih travel agent yang akan digunakan, sebaiknya mereka harus mencari banyak referensi dan informasi.

"Harus banyak cari informasi. Jangan sampai hal yang tak diinginkan terjadi sama kita. Jangan terpengaruh dengan harga murah atau diskon besar. Tapi lihat rekam jejak dan tanya langsung," ungkapnya.

Lantas, hal apa saja sih yang paling penting traveler perhatikan? Berikut tips dari Rachmat Julio dan AnjaniTrip agar terhindar dari travel agent nakal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)