Jessica Iskandar Positif Covid-19 saat Hamil, Dokter Ungkap Bahayanya

Sabtu, 19 Februari 2022 - 11:38 WIB
loading...
Jessica Iskandar Positif Covid-19 saat Hamil, Dokter Ungkap Bahayanya
Jessica Iskandar dinyatakan positif Covid-19 saat hamil besar. Kabar mengejutkan ini diketahui dari postingan Instagram Jessica dan sang suami, Vincent Verhaag. Foto/Instagram Jessica Iskandar
A A A
JAKARTA - Jessica Iskandar dinyatakan positif Covid-19 saat hamil besar. Kabar mengejutkan ini diketahui dari postingan Instagram Jessica dan sang suami, Vincent Verhaag .

Covid-19 sendiri dinyatakan cukup berbahaya ketika menginfeksi ibu hamil . Pakar kedokteran ibu dan janin di Johns Hopkins, dr Jeanne Sheffield mengatakan saat hamil, seorang ibu hamil dapat mengalami perubahan pada sistem kekebalannya.

Dilansir dari Hopkins Medicine, Sabtu (19/2/2022) kondisi ini membuat para ibu hamil lebih rentan terhadap virus pernapasan. Ketika tes Covid-19 menunjukkan hasil positif, dr Sheffield mengimbau ibu hamil tidak panik.

Pasalnya, penanganan segera sangat mungkin diberikan dan membantu menurunkan risiko keparahan. "Kami dapat memberikan pengobatan Covid-19 saat hamil, karena obat-obatan yang dipakai sudah diteliti dan dinyatakan aman dan bermanfaat untuk ibu hamil," kata dr Sheffield.




Ibu hamil yang terinfeksi Covid-19, dijelaskan dr Sheffield sebaiknya dirawat di rumah sakit. Ibu hamil juga memerlukan perawatan intensif karena ada janin yang dikandungnya meski bergejala ringan.

Sementara itu, terkait apakah Covid-19 bisa menyebabkan keguguran, dr Sheffield menilai masih terlalu dini menyimpulkan hal tersebut. "Data yang ada masih sangat terbatas untuk menegakkan pernyataan bahwa Covid-19 sebabkan keguguran atau lahir mati," ujar dr Sheffield.

Meski demikian, demam tinggi yang merupakan gejaal Covid-19, bisa memengaruhi kesehatan janin. Terlebih jika usia kehamilan di trimester pertama. "Dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat," jelas dr Sheffield.

Demi keamanan, dr Sheffield menyarankan agar demam yang terjadi pada ibu hamil tidak dianggap sepele dan memerlukan tindakan cepat yang komprehensif.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)