Dokter Ungkap Wanita Lebih Mudah Terkena Hipertensi, Ini Penyebabnya

Minggu, 20 Februari 2022 - 14:10 WIB
loading...
Dokter Ungkap Wanita Lebih Mudah Terkena Hipertensi, Ini Penyebabnya
Pertambahan usia meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi. Bahkan wanita cenderung lebih mudah mengalami hipertensi. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Pertambahan usia meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit hipertensi atau darah tinggi. Ternyata wanita cenderung lebih mudah mengalami hipertensi, hal tersebut disampaikan Anggota Pokja Panduan Konsensus InaSH dr. Siska Suridanda Dany, dalam konferensi pers virtual 'Apakah Tatalaksana Hipertensi di Masa Covid-19 Ada Perbedaan?,'

Dia menjelaskan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018, ditemukan pada populasi dewasa berusia di atas 18 tahun, perempuan lebih banyak mengalami hipertensi yaitu sebanyak 36,9 persen. Sedangkan laki-laki yang mengalami hipertensi sebanyak 31,3 persen.

"Secara keseluruhan perempuan proporsinya lebih tinggi menderita hipertensi, tapi kalau berdasarkan kelompok umur, pada kelompok dewasa muda laki-laki kelihatan lebih tinggi," ujar dr. Siska dikutip Minggu (18/2/2022).

Lebih lanjut, dr. Siska mengatakan wanita memiliki keunikan dengan perubahan hormonal di sepanjang hidupnya. Itu salah satu menjadi faktor risiko tersendiri untuk terjadinya hipertensi pada wanita.



"Namun seiring pertambahan usia, perempuan akhirnya membalap laki-laki dan secara keseluruhan menjadi lebih tinggi angkanya," lanjutnya.

Hipertensi juga bisa terjadi pada anak dan remaja atau disebut hipertensi sekunder. Kondisi ini disebabkan karena gangguan organ atau kerusakan pada organ lain yang mengakibatkan peningkatan tekanan darah.

Seiring dengan peningkatan usia, maka risiko terjadinya komplikasi akibat naiknya tekanan darah pun meningkat.

“Saat memasuki fase menopause adalah fase krusial untuk perempuan di mana terjadinya perubahan hormonal yang cukup drastis, dan umumnya meningkatkan tekanan darah," jelas dr. Siska

Dalam kesempatan yang sama, dr. Erwinanto juga mengatakan bahwa anak muda atau orang dewasa bisa terkena hipertensi. Bahwa ada dua jenis sakit hipertensi yaitu primer dan sekunder, anak muda biasanya terkena hipertensi yang sekunder karena ada penyebabnya, sehingga dapat diatasi.

"Bisa orang muda itu terkena hipertensi itu ada sekunder dan primer. Hipertensi primer artinya kita tidak tahu penyebabnya, kita curiga jangan-jangan itu ada masalah potensi sekunder hipertensi yang kita tahu penyebabnya," katanya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)