5 Kota yang Paling Banyak Belanja Online, Jakarta Posisi Berapa?

Rabu, 23 Februari 2022 - 12:47 WIB
loading...
5 Kota yang Paling Banyak Belanja Online, Jakarta Posisi Berapa?
Kota yang paling banyak belanja online memiliki penduduk yang gemar berselancar di e-commerce. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kota yang paling banyak belanja online memiliki penduduk yang gemar berselancar di e-commerce . Mereka rata-rata sudah sangat melek teknologi.

Perkembangan industri e-commerce semakin menggeliat di Indonesia. Lembaga riset Statista memperkirakan nilai penjualan ritel dari industri ini di Indonesia adalah sekitar USD7 milyar pada 2017, dan diproyeksikan terus naik hingga menembus dua kali lipat dalam kurun waktu 4 tahun kedepan.



Wajar saja, ini karena berbelanja online menawarkan kemudahan bagi para pembeli. Seseorang tidak perlu repot-repot harus mengeluarkan bujet transportasi dan parkir untuk mengunjungi pusat perbelanjaan. Juga, mereka tidak perlu membuang-buang waktu berlebih untuk berkeliling di pusat perbelanjaan tersebut.

Selain itu, pembeli juga bisa lebih fokus ketika ingin berbelanja online. Tinggal ketik saja barang yang ingin dibeli di e-commerce, dan fokus pada hal itu. Berbeda dengan belanja offline yang terkadang pengunjung tertarik untuk mampir dari satu toko ke toko lain yang pada akhirnya membeli barang yang tidak perlu.





Hasilnya, calon pembeli tidak ragu untuk beralih dari metode pembelian konvensional menjadi serba-online. Merespon fenomena pergeseran preferensi ini, maka menjadi penting dan menarik untuk mengetahui peta demografi pasar digital di Indonesia. Dari manakah mayoritas dari mereka berasal? Apakah mereka didominasi gender tertentu? Dari perangkat apakah mereka mengakses informasi?

Berdasarkan temuan Priceza, terdapat lima kota besar di Indonesia yang menjadi sumber utama dari kunjungan (traffic) ke berbagai toko online, yaitu:

1. Jakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)