Jie-Jie Wakili Asia dalam Crufts 2022 Dog Show di Birmingham Inggris

Rabu, 23 Februari 2022 - 19:06 WIB
loading...
Jie-Jie Wakili Asia dalam Crufts 2022 Dog Show di Birmingham Inggris
Anjing Bichon Frise dari kennel Bichon Indonesia (Golden Sun) bernama Jie-Jie akan menjadi satu-satunya anjing Asia yang mengikuti kompetisi Crufts di Birmingham, Inggris. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Anjing Bichon Frise dari kennel Bichon Indonesia (Golden Sun) bernama Multi-BIS International Champion Precious Promise von Golden Sun (Jie-Jie) akan menjadi satu-satunya anjing Asia yang mengikuti Crufts, salah satu kompetisi anjing paling akbar dan bergengsi di dunia. Event ini bakal digelar pada 10-13 Maret 2022 di Birmingham, Inggris.

Kontes tersebut akan dihadiri lebih dari 16.000 peserta dari 39 negara. Untuk mengikuti Crufts, tidak sembarangan anjing bisa berpartisipasi karena harus mendapatkan Crufts Qualifications demi mendaftar pada kontes ini.

"Saya ingin anjing Indonesia bisa berkompetisi, mengukir prestasi di kontes anjing internasional dan membanggakan nama Indonesia," kata Calista Beatrice, pemilik Jie-Jie, melalui keterangan tertulis Rabu (23/2/2022).

Jie-jie sendiri sudah berada di Eropa sejak November 2021 untuk mengikuti kompetisi dan dalam 3 bulan memenangkan beberapa kejuaraan di antaranya gelar International Champion, Swiss Champion, Hungary Champion, dan Macedonia Grand Champion. Dia juga mengikuti European Dog Show pada Descember 2021 di Hungaria dan mendapatkan juara di Open Class.

”Selama di Eropa, Jie-Jie dipresentasikan oleh seorang professional dog handler terkemuka, Valentina Zupan dari Croatia," terang Calista.

Santoso Widjaja dan Harry Su tidak asing lagi di dunia kompetisi anjing. Mereka sudah menjadi breeder dan mendirikan Golden Sun kennel sejak 1993. Saat ini, gelar anjing terbaik se-Indonesia dari Perkin (All Indonesia Kennel Klub) masih berada di tangan mereka sejak 2018, menunjukan kesuksesan breeding program dari Golden Sun.

Kehebatan breeding program mereka dikarenakan Golden Sun memiliki blood lines anjing top dan terkenal dari Eropa serta Amerika. Sebagai contoh, Jie-Jie juga memiliki hubungan darah 5 generasi di atasnya dengan 2001 Best in Show Winner di kompetisi Westminster Kennel Club atau biasa di panggil “JR”.

Setelah pertandingan Crufts, Jie-Jie akan terbang ke Amerika pada Maret 2022 untuk mendapatkan gelar American Grand Champion.

"Semoga prestasi Jie-Jie di Eropa dan di US, dapat mengangkat serta mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi international dog show," pungkas Calista.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)