7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron

Kamis, 03 Maret 2022 - 05:05 WIB
loading...
7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron
Beberapa makanan dan minuman dipercaya bisa membantu meringankan gejala Omicron. Gejala varian ini tampak sangat berbeda dan disebut jauh lebih ringan. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan dan minuman dipercaya bisa membantu meringankan gejala Omicron . Gejala varian ini tampak sangat berbeda dan disebut jauh lebih ringan dibandingkan dengan varian Covid-19 sebelumnya.

Jika Anda terinfeksi Omicron dan beberapa gejala muncul, mungkin menjadi sulit untuk menentukan jenis makanan yang harus dimakan saat merasa sakit. Apalagi jika Anda tidak ingin makan sama sekali.

“Orang yang terkena kondisi ini, orang yang terkena Omicron, Delta atau influenza, sebenarnya tidak memiliki nafsu makan yang besar,” kata Robert G. Lahita MD, Ph.D selaku Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong.

"Dengan Omicron tenggorokannya sangat sakit, seolah-olah Anda menderita radang tenggorokan. Bahkan cairan pun sakit," sambungnya.




Dengan sakit tenggorokan yang parah dan tubuh yang tidak merasa lapar, Dr. Bob mengungkapkan beberapa makanan dan minuman yang bisa dikomsumsi untuk meringankan gejala Omicron. Berikut daftarnya dilansir dari Eat This, Kamis (3/3/2022).

1. Yogurt

7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron


Salah satu makanan terbaik yang bisa Anda makan saat Anda terinfeksi Omicron adalah yogurt. Lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan, dan dikemas dengan protein untuk membuat Anda kenyang.

"Saya telah menyarankan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah makan yogurt dan menaruh beberapa granola pada yogurt," jelas Dr. Bob.

"Potong juga beberapa pisang untuk potasium, dan campurkan. Tapi pisangnya harus kecil-kecil karena ingat, akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya," lanjutnya.

2. Es Krim

7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron


Mungkin terdengar tidak biasa, tetapi Dr. Bob mengatakan bahwa es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah turun ketika Anda sedang sakit tenggorokan yang parah. Namun, tidak halnya jika Anda menderita diabetes.

"Itu memberi Anda glukosa dan juga protein, jadi Anda setidaknya bisa menjaga berat badan. Banyak orang yang terinfeksi Omicron atau Delta kadang-kadang kehilangan 20 hingga 30 pon, dan itu masalah besar," ujar Dr. Bob.

Es krim dapat membantu mengenyangkan perut sekaligus menjaga berat badan, mengingat penurunan berat badan yang parah dapat menjadi efek samping tertular virus karena kurang nafsu makan.

3. Minuman Elektrolit

7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron


Dr. Bob menyatakan bahwa cairan sangat penting. “Selalu memastikan ada beberapa elektrolit, terutama jika Anda mengalami diare dan muntah. Jika Anda memiliki elektrolit yang disediakan minuman nutrisi lainnya, Anda tidak kekurangan kalium dan kadar natrium tetap normal," ucap Dr. Bob.


4. Sup dan Kaldu

7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron


Makanan mudah lainnya dan baik yang bisa Anda konsumsi saat terinfeksi Omicron adalah sup atau kaldu. Jika Anda memiliki nafsu makan, sup yang mengandung semacam protein dan sayuran di dalamnya dapat membantu memberi tubuh Anda beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat melawan infeksi.

"Sup dan kaldu benar-benar pengganti elektrolit yang bagus," tutur Dr. Bob.

5. Minuman Berprotein

7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron


Minum protein shake lebih ringan di perut dibandingkan dengan smoothie. Campurkan bubuk protein favorit Anda dengan es dan susu untuk meningkatkan protein Anda dan setidaknya memberi Anda beberapa zat.

"Milkshake vanilla, milkshake cokelat, apa pun yang mudah diminum sangat penting. Saya telah berbicara dengan begitu banyak pasien yang menderita Omicron dan mereka semua mengatakan hal yang sama," tutur Dr. Bob.

6. Sayuran

7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron


Jika Anda memiliki selera makan, Dr. Bob mengatakan makanan yang mudah dan bergizi untuk dikonsumsi adalah sayuran. "Sayuran benar-benar enak, sayuran seperti brokoli dan kubis, kubis Brussel enak, dan sayuran yang dimasak dengan saus lobak atau mustard benar-benar enak. Semua hal ini menjaga nutrisi yang akan Anda butuhkan, dan hal-hal yang Anda perlukan," tambah Dr. Bob.


7. Pasta Bolognese

7 Makanan dan Minuman Bantu Meringankan Gejala Omicron


Ketika virus mulai hilang, Dr. Bob mengatakan Anda memiliki nafsu makan yang meningkat dan keinginan untuk ingin makan semuanya. Sementara kecenderungan alami akan mencapai makanan yang kaya glukosa, Dr Bob menyarankan untuk mencari makanan yang juga akan membuat Anda kenyang dan meningkatkan protein.

Pasta dengan saus daging, misalnya, bisa menjadi santapan yang enak. Anda bisa makan sepiring pasta yang enak, menaikkan gula darah Anda dengan perlahan, tetapi tidak berlebihan.

"(Buatlah) makanan bergizi yang baik dengan beberapa saus bolognese di atasnya. Itu salah satu favorit saya," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)