Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan Gigi dan Mulut

Rabu, 02 Maret 2022 - 14:57 WIB
loading...
Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan Gigi dan Mulut
Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Tahun 2018 menyebutkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia mengalami gigi berlubang. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Tahun 2018 menyebutkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia mengalami gigi berlubang. Ini menandakan jika kesehatan mulut dan gigi masyarakat Indonesia masih cukup buruk.

Dalam data tersebut juga disebutkan bahwa 58 persen penduduk Indonesia memiliki masalah gigi dan mulut . Akan tetapi baru 10 persen yang mendapatkan perawatan tenaga medis gigi.

Ditambah lagi hasil riset terbaru yang menemukan ternyata 8 dari 10 orang di Indonesia itu memerlukan perawatan kawat gigi. Namun di sisi lain, biaya perawatan kawat gigi belum bisa dijangkau banyak orang.

Baca juga: Angela Tanoesoedibjo: Kelestarian Lingkungan Aset Paling Berharga bagi Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan

Layanan kesehatan gigi pun memiliki peran penting terkait persoalan ini. Namun begitu masyarakat pun masih perlu edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut yang lebih komprehensif.

Masih cukup banyak masyarakat Indonesia yang tak acuh akan kesehatan gigi dan mulut. Salah satu yang mendasari hal itu karena jangkauan klinik gigi yang masih belum merata.

Mencoba mengatasi hal itu, Orange Dental berupaya memperluas jangkauannya dengan membuka cabang kesembilan di Kebagusan, Jakarta, setelah tertunda 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Orange Dental telah membuka sejumlah klinik di Jakarta dan Bekasi. "Kami ingin lebih mendekatkan diri lagi ke masyarakat dengan membuka cabang-cabang klinik baru. Hal ini untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan kesehatan gigi yang dekat dari tempat tinggal mereka," tutur CEO dan Co-founder Orange Dental, Syifail Ramadhana dalam keterangannya, Rabu (2/3/2022).

Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan Gigi dan Mulut


Agar lebih menarik minat masyarakat untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya, Dental Orange pun memberikan tarif yang relatif terjangkau. "Salah satu faktor yang membuat masyarakat enggan datang ke klinik gigi adalah faktor biaya, untuk itu kami berinovasi dengan membuat daftar biaya yang transparan dan bisa diunduh di situs kami," bebernya.

Selain terjangkau, Orange Dental juga menghadirkan beragam pelayanan kesehatan gigi dan mulut. "Kami melayani hampir semua kebutuhan layanan kesehatan dan estetika gigi, mulai dari tambal gigi, perawatan menggunakan kawat gigi, gigi tiruan hingga pemutihan gigi," ungkapnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Ungkap 5 Syarat Utama untuk Menjadi Desa Wisata

Menurut Syifail, kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga karena kita hanya punya satu set gigi yang digunakan seumur hidup.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1293 seconds (10.101#12.26)