Jackie Chan Berduka, Sutradara Police Story Meninggal Dunia

Sabtu, 05 Maret 2022 - 11:34 WIB
loading...
Jackie Chan Berduka, Sutradara Police Story Meninggal Dunia
Jackie Chan tengah diselimuti duka. Pasalnya, sutradara Police Story, Chor Yuen meninggal dunia pada Senin, 21 Febaruari 2022 sore di usia 87 tahun. Foto/India Glitz
A A A
JAKARTA - Jackie Chan tengah diselimuti duka. Pasalnya, sutradara Police Story, Chor Yuen meninggal dunia pada Senin, 21 Febaruari 2022 sore waktu setempat. Chor Yuen menghembuskan napas terakhirnya di usia 87 tahun.

Kabar duka ini pertama kali dilaporkan oleh media Hong Kong, Ming Pao Weekly. Di mana berita meninggalnya Chor Yuen sudah dikonfirmasi oleh juru bicara Federasi Pembuat Film Hong Kong.

Dilaporkan bahwa Chor Yuen meninggal saat bersama keluarganya. Sutradara film The House Of 72 Tenants (1973) dan Killer Clans (1976) itu sebelumnya sempat mengeluh merasa tidak nyaman di pagi hari.

Menurut South China Morning Post, Chor Yuen telah didiagnosis menderita demensia sejak delapan tahun lalu. Dia meninggalkan seorang istri, Nam Hung yang juga merupakan seorang aktris ternama.


Terlahir dengan nama Cheung Po Kin di Guangzhou, China, Chor Yuen bergabung dengan industri film Kanton pada 1950-an atas perintah ayahnya, Cheung Wood Yau. Sang ayah merupakan dikenal sebagai aktor film ternama.

Dilansir dari The Straits Times, Sabtu (5/3/2022) Chor Yuen membuat debut aktingnya di film Madam Yun pada 1954. Penghargaan penyutradaraan pertamanya berhasil diraih pada 1959 lewat karyanya, Grass By The Lake.

Selama tiga dekade berikutnya, Chor Yuen menulis dan menyutradarai lusinan film, termasuk beberapa untuk Shaw Brothers Studio, seperti The House Of 72 Tenants. Pemeran film tersebut termasuk legenda komedi Hong Kong Lydia Sum.

Selain itu, film arahan Chor Yuen itu berhasil menduduki puncak box office Hong Kong atas film seni bela diri terakhir Bruce Lee, Enter The Dragon. Dia juga terkenal karena mengadaptasi 17 karya termasuk Clans Of Intrigue dan Sentimental Swordsman.


Karya novelis seni bela diri Taiwan Gu Long itu diangkat ke layar lebar pada 1970-an, dengan aktor Ti Lung sebagai pemeran utama. Chor Yuen yang berakting dan berperan sebagai bos kejahatan di Police Story (1985), beralih menyutradarai drama televisi pada 1990-an sebelum menghilang dari sorotan.

Penampilan publik terakhirnya adalah pada April 2018, ketika Chor Yuen menerima Penghargaan Prestasi Seumur Hidup di Penghargaan Film Hong Kong ke-37.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)