Begini Cara Mudah Melatih Anak untuk Berpuasa Ramadhan

Jum'at, 24 April 2020 - 10:15 WIB
loading...
Begini Cara Mudah Melatih Anak untuk Berpuasa Ramadhan
Momen Ramadhan bisa dimanfaatkan orang tua untuk mulai memperkenalkan anak tentang puasa. FOTO/Learnreligion.com
A A A
JAKARTA - Bulan suci Ramadhan telah tiba. Mulai hari ini hingga sebulan ke depan, setiap umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa, yakni menahan makan dan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Lalu bagaimana dengan anak-anak? Kapan mereka mulai dikenalkan atau dilatih berpuasa?

"Sebetulnya sampai saat ini tidak ada rekomendasi pasti, kapan anak mulai dilatih berpuasa. Tapi, tidak ada salahnya anak dibawah usia tersebut (5 tahun) sudah dilatih untuk berpuasa," kata dokter spesialis anak Meta Hanindita.

Lantas bagaimana cara memperkenalkan anak tentang puasa? Memperkenalkan puasa pada anak bisa dilakukan secara bertahap dan perlahan. Menurut dr. Meta, hal ini bisa dimulai dengan cara membiasakan anak dengan mulai berpuasa selama 4 jam, kemudian ditambah menjadi 6 jam. Saat memperkenalkan puasa, pastikan tidak ada paksaan dari orangtua.

"Tidak terlalu dilatih puasa yang benar-benar berambisi, setengah hari terus-terusan. Sebaiknya dimulai secara gradual, pelan2 aja," tuturnya.

Dalam hal memperkenalkan puasa kepada anak, yang terpenting adalah anak harus mengerti hakikat berpuasa sebelum menjalankannya. Jelaskan kepada anak, kenapa mereka harus mejalankan puasa. Di sisi lain, orang tua juga wajib melihat kemampuan anak sebelum memperkenalkan puasa.

"Kalau kita menjelaskan hal tersebut ke anak yang usia 2 atau 3 tahun, kayanya masih belum ngerti-ngerti amet nih. Mungkin akhirnya ikut-ikutan aja. Karena harus disesuaikan juga dengan kemampuan anak," tandasnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)