Brand Lokal Klaim Tampil di Paris Fashion Week Dikritik Wanda Hamidah, Ini Kata Gekrafs

Selasa, 08 Maret 2022 - 18:32 WIB
loading...
Brand Lokal Klaim Tampil di Paris Fashion Week Dikritik Wanda Hamidah, Ini Kata Gekrafs
Ifan Seventeen selaku Ketua Bakominfo Gekrafs buka suara soal Paris Fashion Week yang menjadi perbincangan hangat netizen. Foto/Instagram Ifan Seventeen
A A A
JAKARTA - Ketua Bakominfo Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Riefian Fajarsyah alias Ifan Seventeen buka suara soal Paris Fashion Week yang menjadi perbincangan hangat netizen Indonesia bekalangan ini. Diketahui, netizen memang sedang memperdebatkan acara yang digelar oleh Gekrafs, yakni Paris Fashion Show 2022.

Pasalnya, para influencer yang hadir di Paris malah mengklaim brand-brand lokal telah melenggang di perhelatan Paris Fashion Week 2022. Ifan pun memberikan klarifikasi melalui Instagram.



Ifan mengatakan, sejak awal pihaknya tak pernah melakukan klaim untuk penyebutan Paris Fashion Week. Dia juga menegaskan bahwa Gekrafs tidak ikut andil dalam event utama Paris Fashion Week yang diselenggarakan oleh Federation de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), melainkan kegiatan off schedule selama Paris Fashion Week.

“That’s why kita menamakan acaranya Gekraf Fashion Show During Paris Fashion Week, dan itu sudah menjadi SOP kepada brand-brand dan desainer yang ikut melalui Gekrafs,” tegas Ifan dalam video, dikutip Selasa (8/3/2022).

Menurut Ifan, mungkin yang memunculkan polemik adalah, brand-brand yang tampil kurang menekankan hal tersebut kepada KOL atau influencer yang ikut serta. Sehingga, banyak dari mereka yang menamai kegiatan itu menjadi Paris Fashion Week.



Kendati demikian, penyebutan nama Paris Fashion Week rupanya juga tak menjadi masalah jika brand yang ikut ke Paris itu tidak menyertakan logo FHCM. Alasannya, karena kegiatan itu memang menjadi bagian dari pekan fashion di Paris.

“Apakah penyebutan itu salah? Sama sekali tidak. Yang nggak boleh itu kalau menyertakan logo dari FHCM,” tegas Ifan.

Ifan juga menyebut brand lokal yang tampil di Paris saat ini sudah termasuk berpatisipasi untuk memperkenalkan industri fashion Indonesia kepada dunia. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada brand lokal yang telah mengikuti Gekrafs Paris Fashion Show during Paris Fashion Week 2022.

"Dan ini tentunya dalam one step forward untuk mengenalkan industri fashion di Indonesia kepada industri fashion dunia. Terima kasih kepada semua brand dan juga semua desainer yang sudah berangkat ke sana dan ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia di sana. Sekali lagi dukung brand-brand lokal kebangsaan Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya sejumlah netizen, artis, hingga pemerhati fashion telah memberi kritik pedas terhadap brand lokal yang mengaku tampil di Paris Fashion Week, salah satunya Wanda Hamidah. Artis sekaligus aktivis itu menyebut sejumlah brand lokal seolah tengah melakukan pembodohan publik.

"Yang saya tentang dan saya lawan-lawan ini adalah pembodohan publiknya. Praktik klaim-mengklaim ini bahaya, karena kenyataannya tidak seperti itu. Dan netizen terbuai aja dengan ketidaktahuan mereka," kata Wanda dalam Instagram Story.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)