Viral! Pernikahan Beda Agama, Wanitanya Berhijab Ikut Pemberkatan di Gereja

Kamis, 10 Maret 2022 - 07:46 WIB
loading...
Viral! Pernikahan Beda Agama, Wanitanya Berhijab Ikut Pemberkatan di Gereja
Belum lama ini warganet dihebohkan dengan sebuah video viral yang memperlihatkan potret pernikahan beda agama di Semarang, Jawa Tengah. Foto/Ilustrasi/indianaexpress
A A A
JAKARTA - Belum lama ini warganet dihebohkan dengan sebuah video viral yang memperlihatkan potret pernikahan beda agama di Semarang, Jawa Tengah. Video viral yang memperlihatkan pernikahan beda agama ini tampak mencolok sebab sang mempelai wanita mengenakan hijab saat melakukan pemberkatan di sebuah gereja.

Video viral tersebut diunggah oleh akun TikTok @sacha_alya. Dalam video berdurasi singkat itu, akun tersebut membagikan beberapa foto pernikahan yang diambil dari Facebook Ahmad Nurcholish.

Diketahui, mempelai pria memeluk agama Katolik. Sementara sang mempelai perempuan beragama Islam dan tampak anggun dalam balutan gaun pernikahan serta hijab berwarna putih.
Viral! Pernikahan Beda Agama, Wanitanya Berhijab Ikut Pemberkatan di Gereja

“Perbedaan itu menyatukan, bukan memisahkan. Dua tahun lalu sejoli ini berkomunikasi dan kemudian bersama ortu pihak perempuan bertemu dengan saya. Setelah itu ada lika-liku dan dinamika di antara keluarga mereka. Tapi Alhamdulillah, puji Tuhan keduanya menyatu dalam pernikahan,” tulis akun Facebook Ahmad Nurcholish yang menjadi saksi pernikahan tersebut, seperti dikutip dari TikTok, pada Rabu (9/3/2022).

Baca Juga: Kebijakan Uni Emirat Arab Izinkan Pernikahan Beda Agama

Pada foto-foto yang dimasukkan dalam video tersebut, terlihat pengantin baru itu tersenyum bahagia usai melakukan pemberkatan di Gereja. “Tadi pagi saya dampingi mereka untuk pemberkatan nikah di gereja. Setelah itu, jelang siang dilanjutkan dengan akad nikah. Beginilah seharusnya: perbedaan tak (lagi) menjadi penghalang untuk mengarungi hidup bersama dan juga bahagia,” tulis akun Facebook itu.

Diketahui dari akun tersebut, bahwa pasangan pengantin ini merupakan yang ke 1.424 melakukan pernikahan beda agama di tempat tersebut. Sontak, video viral ini menuai ragam komentar warganet.

“Semoga perbedaan bukan menjadi penghalang untuk menuju kebersamaan dan sikap toleransi yang baik akan memudahkan kerukunan dan perdamaian. Amin,” kata netizen di kolom komentar.

“Jadi satu atap, dua keyakinan. Semangat! Tuhan menyertai,” komentar yang lain.

Namun, ada pula yang mempertanyakan tentang hukum menikah beda agama. “Tanya bener, apakah Indonesia secara hukum sudah mengesahkan pernikahan beda keyakinan?” tanya yang lain.

“Maaf sebelumnya, apa pandangan dalam Islam menikah beda agama?” tulis yang lain.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1608 seconds (11.252#12.26)