Tips Mengelola Keuangan Kala Pandemi ala eMSHOP

Kamis, 17 Maret 2022 - 20:21 WIB
loading...
Tips Mengelola Keuangan Kala Pandemi ala eMSHOP
eMSHOP menjadi salah satu solusi untuk belanja hemat. Foto/eMSHOP
A A A
JAKARTA - Selama masa pandemi, mengelola keuangan secara cermat dan disiplin menjadi sebuah keharusan. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan di masa mendatang.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan dengan baik yaitu menabung. Menabung merupakan salah satu alternatif agar Anda memiliki uang untuk disimpan. Adapun uang tersebut akan digunakan untuk bekal masa depan atau pada saat keadaan darurat.

Head of Mercahndiser eMSHOP, Khilqa Putri membagikan tips menabung anti gagal:

1. Buat Perincian Pemasukan dan Pengeluaran

Mulailah untuk rutin menghitung berapa uang yang masuk dan keluar dalam satu bulan. Setelah itu, lakukan perincian dan buat laporan pada sebuah buku atau tabel digital di smartphone Anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi beserta jumlah tabungan yang dimiliki.

"Membuat rincian uang masuk dan keluar serta membuat laporan keuangannya pada buku atau tabel digital dapat membantu kita mengetahui kebutuhan yang diperlukan dan jumlah tabungan yang dimiliki," ucap Khilqa di Jakarta, Rabu (16/03/2022).

2. Sisihkan Uang Gaji untuk Ditabung

Saat gajian, jangan menunda untuk menyisihkan uang tabungan. Hal ini dilakukan agar terhindar dari pemborosan menghabiskan uang dengan membeli barang-barang keinginan semata.

"Setelah gajian, sisihkan segera uang tabungan dan jangan menundanya supaya kita tidak lapar mata saat menginginkan barang-barang yang tidaklah begitu penting untuk kebutuhan," ucap Khilqa.

3. Buat Anggaran Keuangan untuk Berbagai Keperluan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)