Indonesia Diprediksi Tak Lama Lagi Masuki Fase Endemi Covid-19

Jum'at, 18 Maret 2022 - 08:33 WIB
loading...
Indonesia Diprediksi Tak Lama Lagi Masuki Fase Endemi Covid-19
Pembicaraan tentang endemi Covid-19 terus menggema di tengah masyarakat, Indonesia diprediksi tak lama lagi akan masuk ke fase tersebut. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembicaraan tentang endemi Covid-19 terus menggema di tengah masyarakat. Indonesia diprediksi tak lama lagi akan masuk ke fase tersebut.

Sejumlah indikator positif membawa Indonesia ke arah endemi. Mulai dari kasus harian yang terus menurun, penyebaran Omicron yang sudah mendominasi, dan cakupan vaksinasi melebihi 70 persen untuk dosis kedua.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban optimistis Indonesia dalam waktu dekat bisa mencapai fase endemi Covid-19 tersebut. Itu mengacu pada indikator endemi yang memperlihatkan perbaikan situasi.

Baca juga: Carla Yules Bawa Pulang Gelar Miss World Asia 2021

"Kasus konfirmasi sudah memperlihatkan penurunan setiap harinya, meski belum turun drastis. Lalu, benar bahwa saat ini Omicron mendominasi kasus, dan cakupan vaksinasi dosis kedua sudah 70 persen lebih," jelas Prof Zubairi Djoerban dalam acara Pembukaan Monumen Pengabdian Dokter Indonesia, Kamis, 17 MAret 2022.

Terkait cakupan vaksinasi, Prof Beri menyatakan, angka 70 persen sayangnya tidak untuk kelompok lansia. Ya, lansia yang sudah disuntik vaksin dua dosis pada kenyataannya belum 70 persen.

Hal tersebut tentu masih menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak, termasuk pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Terlebih, lansia menjadi salah satu kelompok masyarakat yang rentan mengalami kondisi buruk jika terinfeksi Covid-19 saat ini.

"Jadi, apakah Indonesia sudah masuk endemi? Belum. Tapi, dalam perjalanan menuju ke arah sana," ungkap.

Dia memprediksi bahwa fase endemi Covid-19 di Indonesia akan terjadi sekitar 3 bulan lagi dari sekarang. Di sisi lain, dia tetap berharap kepada masyarakat untuk jangan jemawa dengan abai mengenakan masker dalam fase transisi ini.

"Sabar sedikit. Mungkin pas bulan puasa, kita harapkan paling lambat 3 bulan dari sekarang Indonesia masuk endemi," ujar Prof Beri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2380 seconds (0.1#10.140)