Kemenparekraf Sambut Wisatawan MotoGP Mandalika 2022, 300 Produk Khas Desa Wisata Lombok Dihadirkan

Jum'at, 18 Maret 2022 - 23:55 WIB
loading...
Kemenparekraf Sambut Wisatawan MotoGP Mandalika 2022, 300 Produk Khas Desa Wisata Lombok Dihadirkan
Salah Satu Tenant Produk Ekraf khas Desa Wisata Lombok di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Foto/Ist
A A A
LOMBOK - Pertamina Grand Prix of Indonesia ( MotoGP Mandalika 2022 ) resmi dimulai hari ini, Jum’at (18/3/2022) hingga dua hari ke depan. Selama tiga hari, masyarakat khususnya wisatawan akan disuguhi event sport tourism kelas dunia yang menjadi daya tarik kuat untuk datang ke Pulau Lombok khususnya Mandalika.

Untuk menyambut wisatawan yang telah banyak berdatangan melalui berbagai pintu masuk, salah satunya Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI membuat sebuah ‘suguhan’ menarik bagi para turis tersebut.

Setiap wisatawan yang menginjakkan kaki di Bandara Lombok tidak hanya akan merasakan suasana olahraga balap motor paling prestisius di dunia itu lewat ornamen dan hiasan khas MotoGP, namun juga akan disambut dengan deretan produk ekonomi kreatif dari UMKM di desa wisata yang ada di seluruh wilayah Lombok.

Total ada 300 produk ekraf mulai dari souvenir dan seni kriya dari para pengrajin lokal seperti misal kain tenun Kedogan, Tapu Kemalu, Selulut, Subhanale, serta Keker. Sementara untuk kerajinan, dalam showcasing ini ditampilkan kerajinan ketak, kerajinan gelang, kerajinan kayu, serta pernak-pernik khas Dusun Sade, Lombok.



Wisatawan juga berkesempatan menyaksikan pertunjukan budaya atau culturale performance berupa tarian khas desa wisata Lombok yang ikonis, seperto misal Tari Amak Temengus dan Tari Belancaran dari Desa Wisata Dusun Sade, serta Tari Gendang Beleq dari Desa Wisata Kopang Rembiga.

Dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Pemasaran juga mengadakan showcasing produk ekraf melalui ‘Planogram Goes to Mandalika’ di tempat yang sama tepatnya di selasar Terminal Kedatangan Bandara Lombok.

Melalui planogram ini, wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode yang tersedia di tiap produk.

Kegiatan showcasing 300 produk ekraf khas Desa Wisata Lombok ini sesuai arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, yang sebelumnya menyatakan bahwa perhelatan MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi khususnya bagi para pelaku UMKM lokal.

"Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita," seru Sandiaga Uno menjelang perhelatan ajang MotoGP Mandalika, dikutip oleh MNC Portal Indonesia Jum’at (18/3/2022).
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)