Kolesterol Tinggi, 3 Gejala di Tangan yang Harus Diperhatikan

Sabtu, 19 Maret 2022 - 16:04 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi, 3 Gejala di Tangan yang Harus Diperhatikan
Diagnosis kolesterol tinggi hanya dapat dilakukan melalui tes darah oleh tenaga kesehatan. Melihat gejala yang tidak biasa pada tangan bisa menjadi indikator. Foto/Sunny College of Optometry
A A A
JAKARTA - Diagnosis kolesterol tinggi hanya dapat dilakukan melalui tes darah oleh tenaga kesehatan. Melihat gejala yang tidak biasa pada tangan bisa menjadi beberapa indikator pertama yang menunjukkan Anda harus memeriksakan kadar kolesterol .

Penumpukan kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah kaki dan tangan. Penumpukan kolesterol ini bisa terjadi terus menerus dan membuat tangan dan kaki terasa nyeri. Sensasi kesemutan yang dirasakan di daerah tubuh ini juga bisa menunjukkan kadar kolesterol sangat tinggi.

The American Academy of Dermatology Association mengatakan benjolan kecil, kuning, berwarna daging atau merah yang lunak dapat mengindikasikan kadar kolesterol tinggi. Benjolan ini muncul di siku, sendi, tendon, lutut, tangan atau kaki.

Dilansir dari Express, Sabtu (19/3/2022) ini bisa berupa benjolan atau endapan kolesterol, suatu kondisi karena kadar kolesterol tinggi atau masalah kesehatan serius lainnya seperti pankreatitis. Beberapa benjolan bisa sangat kecil, sementara yang lain bisa lebih besar dari tiga inci dengan diameter.


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Engineering and Informatics, melihat bagaimana lipatan yang tidak biasa ditemukan di tangan bisa menjadi indikasi kadar kolesterol tinggi.

Timbunan lemak kolesterol yang disebut xanthomas dapat muncul di lipatan tangan. Menurut Rumah Sakit Winchester, xanthomas berkisar dari ukuran yang sangat kecil hingga tiga inci.

Meskipun melakukan tes darah adalah cara yang dapat diandalkan untuk menentukan kadar kolesterol, para peneliti India telah membuktikan bahwa adanya kadar kolesterol total yang berbeda juga dapat diungkapkan melalui analisis citra kulit.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak akan mengalami gejala kolesterol tinggi. Hal tersebut membuat satu-satunya cara untuk mengukur kadar kolesterol darah adalah dengan melakukan tes darah.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)