Aksi Pawang Hujan di Mandalika Curi Perhatian, Disebut Kearifan Lokal yang Mendunia

Minggu, 20 Maret 2022 - 20:18 WIB
loading...
Aksi Pawang Hujan di Mandalika Curi Perhatian, Disebut Kearifan Lokal yang Mendunia
Aksi pawang hujan di sirkuit MotoGP Mandalika 2022 mencuri perhatian warganet. Seorang perempuan bernama Rara Istiati Wulandari tersebut berjalan ke arena sirkuit dan mencoba meredakan hujan lebat menjelang perhelatan MotoGP Mandalika 2022. Foto/Tangkapan
A A A
LOMBOK - Aksi pawang hujan di sirkuit MotoGP Mandalika 2022 mencuri perhatian warganet. Seorang perempuan bernama Rara Istiati Wulandari tersebut berjalan ke arena sirkuit dan mencoba meredakan hujan lebat menjelang perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

Aksi pawang hujan ini pun menuai komentar warganet dan turut disoroti Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo. Melalui akun Instagramnya, Angela membagikan aksi sang pawang hujan di sirkuit Mandalika.

“Rain shaman alias pawang hujan,” tulisnya seperti dikutip dari keterangan video di Instagramnya, Minggu (20/3/2022).

Postingan Instagram itu pun menuai ratusan komentar warganet dengan beragam reaksi. Sebagian mengatakan, itu adalah kearifan lokal dari Indonesia yang berhasil dipertontonkan di mata dunia.



“Satu-satunya di dunia. Pawang Indonesia go international,” kata netizen di kolom komentar.

“Kearifan lokal,” komentar yang lain. “Kebudayaan yang mendunia,” tulis netizen.

“Selain MotoGP ada pertunjukkan unik lainnya,” komentar netizen.

Seperti diketahui, pawang hujan merupakan sebutan untuk orang yang dipercaya dapat mengendalikan hujan atau cuaca. Pawang hujan diketahui mengendalikan cuaca dengan cara memindahkan awan.

Pawang hujan bukanlah hal baru di dan dapat dikatakan sebagai tradisi yang sudah lama ada di Indonesia. Biasanya, jasa para pawang hujan ini dipakai untuk acara-acara besar seperti perkawinan, konser musik dan masih banyak lagi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)