Bergejala Nyaris Serupa, Ini Persamaan dan Perbedaan TBC dengan Covid-19

Kamis, 24 Maret 2022 - 14:30 WIB
loading...
Bergejala Nyaris Serupa, Ini Persamaan dan Perbedaan TBC dengan Covid-19
Indonesia masuk dalam 8 besar negara penyumbang kasus TBC terbanyak di dunia. Foto Ilustrasi/Kokilaben Hospital
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, eliminasi tuberkulosis (TBC) tidak lagi menjadi fokus perhatian. Padahal, Indonesia masuk dalam 8 besar negara penyumbang kasus TBC terbanyak di dunia bersama dengan Nigeria, Afrika Selatan, Pakistan, India, China, Bangladesh, dan Filipina.

Dr. Sry Dhuny Sp.P, Dokter Spesialis Paru (PDPI Jakarta) mengatakan, TBC tidak kalah penting untuk diperhatikan karena ini juga merupakan penyakit menular. Bahkan, ia mengatakan, ada 11 orang meninggal setiap 1 jam akibat TBC.



"Berapa orang yang meninggal akibat kecelakaan setiap 1 jam? Sedangkan TBC ada 11 orang meninggal," kata dr. Sry dalam webinar World Tuberculosis Day 2022 , Kamis (24/3/2022).

Dokter Sry juga mengatakan bahwa TBC memiliki beberapa persamaan dengan Covid-19. Untuk lebih memahami, yuk simak poin berikut ini.

Sama-sama Disebabkan oleh Virus

TBC disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberkulosis yang ditemukan oleh Robert Koch pada 24 Maret 1882. Sedangkan Covid-19 disebabkan oleh coronavirus jenis baru yang ditemukan pada 2019.



Sama-sama Menyerang Saluran Pernapasan

Selain merupakan penyakit yang sama-sama menular, TBC dan Covid-19 juga sama-sama menyerang saluran pernapasan. Namun, TBC dapat menyebar ke bagian tubuh lain (seperti TBC tulang, kelenjar, dan sebagainya).

Cara Penularan yang Berbeda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)