Cara para Bintang Sampaikan Aspirasi Perdamaian di Ukraina dalam Oscar 2022

Senin, 28 Maret 2022 - 10:11 WIB
loading...
Cara para Bintang Sampaikan Aspirasi Perdamaian di Ukraina dalam Oscar 2022
Jamie Lee Curtis memberikan penghormatan buat Ukraina dengan cara menyematkan pita biru pada jemarinya. Foto/Getty Images/Momodu Mansaray
A A A
LOS ANGELES - Academy Awards dari tahun ke tahun selalu dimanfaatkan oleh para bintang sinema untuk menyampaikan aspirasi mereka soal keadaan politik di dunia. Tahun ini, ajang Oscar digelar di tengah-tengah perang antara Rusia atas Ukraina . Imbauan serta pesan perdamaian pun digaungkan sejumlah pesohor lewat ajang penghargaan ini.

Tak hanya melalui pidato, aspirasi soal perdamaian di Ukraina juga digaungkan lewat busana. Misalnya saja aktor Jason Momoa, yang datang di red karpet dengan memakai scarft berwarna biru dan kuning yang menggambarkan bendera Ukraina.



Lalu ada juga sutradara Pedro Almodovar yang menyematkan pita biru bertuliskan "bersama para pengungsi" pada jasnya. Hal yang sama dilakukan Diane Warren, aktris Korea Youn Yuh-jung, dan Tyler Perry.

Jamie Lee Curtis juga tampak memberikan penghormatan buat Ukraina dengan cara menyematkan pita biru pada jemarinya. "Ini momen yang sangat penting, melihat apa yang terjadi di Ukraina, perpindahan banyak manusia di dunia, eksodus umat manusia," kata Curtis kepada Associated Press, dikutip Senin (28/3/2022).

Sementara itu, saat menerima piala Oscar untuk kategori dokumenter pendek terbaik, filmmaker Ben Proudfoot menyoroti konflik Rusia-Ukraina dengan cara yang sedikit berbeda. Di sela-sela pidatonya, Proudfoot meminta President AS Joe Biden untuk membawa pulang Brittney Griner ke negaranya.

Griner adalah pemain basket profesional wanita yang masih ditahan di Moskow, Rusia, gara-gara tertangkap membawa cartridges vape berisi minyak ganja.



Kemudian, ada juga penampilan penuh emosi dari Reba McEntire saat membawakan lagu Somehow You Do. Reba ikut menyuarakan kepeduliannya terhadap rakyat Ukraina dengan mengimbau dunia agar segera mengirimkan makanan, obat-obatan, air bersih, serta layanan emergensi lain ke negara bekas Uni Soviet tersebut.

"Sumber daya untuk kebutuhan tersebut sangat langka, dan kita sebagai warga dunia tentu bisa melakukan lebih," ujar Reba, dikutip dari Vanity Fair.

Masih ada banyak lagi komunitas film Hollywood yang menyampaikan aspirasi mereka soal kondisi di Ukraina saat ini. Mereka antara lain Amy Schumer, Will Packer, dan Sean Penn. Pen bahkan seperti menyayangkan penyelenggara Academy Awards tidak memberi kesempatan berbicara kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam acara tersebut.

"Sebab tak ada yang lebih hebat dari yang bisa diberikan Academy Awards selain memberi Zelenskyy kesempatan untuk berbicara kepada kita semua," kata aktor yang pernah meraih dua piala Oscar itu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)