Fariz RM dan Keenan Nasution Terima Royalti Lagu dari Pelari Nusantara

Senin, 28 Maret 2022 - 21:43 WIB
loading...
Fariz RM dan Keenan Nasution Terima Royalti Lagu dari Pelari Nusantara
Lembaga Manajemen Kolektif Pencipta Lagu Rekaman Industri (Pelari) Nusantara kembali mendistribusikan Royalti Unclaimed kepada anggotanya Fariz RM dan Keenan Nasution yang selama ini belum pernah mendapatkan royalti dari Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) m
A A A
JAKARTA - Lembaga Manajemen Kolektif Pencipta Lagu Rekaman Industri (Pelari) Nusantara kembali mendistribusikan Royalty Unclaimed kepada anggotanya Fariz RM dan Keenan Nasution yang selama ini belum pernah mendapatkan royalti dari Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) manapun.

Selepas mendapatkan ijin operasional dari Kemenkumham pada Selasa (14/12/2021) dan melantik kepengurusan pada Jumat (7/1/2022) Lembaga Manajemen Kolektif Pelari Nusantara langsung tancap gas tak berhenti berkegiatan dan terus berproses.

Ketua Umum Pencipta Lagu Rekaman Industri (Pelari Nusantara) Sandec Sahetapy menjelaskan meski baru lahir dan beroperasi Pelari Nusantara dengan support dan kerja keras pengurusnya langsung tancap gas mensinergikan dengan pihak LMKN dan LMK lain yang ada

"Meski baru lahir kami langsung tancap gas sehingga bisa mendistribusikan royalti Unclaimed kepada anggota kami yang sebelumnya belum pernah mendapatkan royalty dari LMK manapun. Jadi boleh dibilang kita pecah telor," ujar Sandec Sahetapy seusai pemberian royalty kepada Fariz RM dan Keenan Nasution di kawasan Santa, Jakarta Selatan, Senin (28/3/2022).

Baca Juga: Pemerintah Didesak Segerakan Implementasi Aturan Royalti

Lebih lanjut, Sandec menambahkan bahwa untuk distribusi Royalty kali ini musisi dan penyanyi Fariz RM mendapatkan jumlah pengumpulan Royalty terbanyak.

"Meskipun belum maksimal dan banyak keterbatasan mamun setidaknya sudah banyak membantu teman pencipta lagu mendapatkan haknya. Untuk pembagian perdana ini Fariz RM mendapatkan jumlah royalty terbanyak yakni 12,5 juta kemudian disusul Keenan Nasution mendapatkan 10 Juta rupiah," sambung Sandec.

Ketika ditanyakan terkait perhitungan jumlah nominal yang diberikan kepada kedua musisi senior mengapa Fariz RM mendapatkan royalty dengan nominal terbanyak Sandec pun menjelaskan bahwa karya mereka berdua banyak dinyanyikan orang hingga saat ini.

"Ya tak bisa dipungkiri bahwa karya Fariz RM terbukti nyata menghiasi belantika musik tanah air selama 40 tahun dengan 1700 karya dan masih diperdengarkan generasi anak muda sampai saat ini,"ungkapnya.

Sandec pun meminta kepada pencipta lagu dan pemusik atau musisi Indonesia untuk terus berjuang bersama dirinya melawan siapapun yang menghalangi hak hak ekonomi yang diterima pencipta lagu dan pemusik di Indonesia.

"Kami meminta musisi terutama pencipta lagu untuk berjuang bersama dirinya melawan siapapun yang menghalangi hak ekonomi yang didapatkan musisi baik itu pemilik modal, perselingkuhan dan keserakahan pengusaha hitam serta aparat korup hang menghisap hal ekonomi royalti milik pencipta lagu penyanyi dan musisi Indonesia. Mari bersama kita basmi itu semua,"tegas Sandec.

Musisi sekaligus pencipta lagu Fariz RM yang hadir dalam kesempatan tersebut mengaku haru dan bangga atas apresiasi royalty hak ekonomi atas lagu ciptaannya yang telah dibuat dan didengarkan sampai saat ini.

"Saya bangga sekaligus terharu dengan adanya apresiasi ini bahwa hak ekonomi musisi atas lagu ciptaan yang didengarkan sampai saat ini bisa terpenuhi. Apresiasi untuk Pelati Nusantara,"tutur Fariz RM.
(hri)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1926 seconds (11.210#12.26)