Begini Cara Mudah Ajarkan Anak Puasa di Bulan Ramadhan

Rabu, 30 Maret 2022 - 19:33 WIB
loading...
Begini Cara Mudah Ajarkan Anak Puasa di Bulan Ramadhan
Cara mengajarkan anak puasa di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan mudah. Menurut Psikolog Miftahul Hayati, tidak salah mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Foto/Click Community
A A A
JAKARTA - Cara mengajarkan anak puasa di bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan mudah. Menurut Psikolog Miftahul Hayati, M. Psi, tidak ada salahnya mengajarkan anak berpuasa agar bisa terbiasa puasa secara perlahan sejak dini.

Di samping itu, anak-anak juga perlu diajari mencintai bulan Ramadhan. Dengan begitu, mereka pun bisa merasa senang menjalankan aktivitas di bulan Ramadhan, seperti berbuka, sahur, dan sholat tarawih.

Berikut cara mudah mengajarkan anak puasa di bulan Ramadhan seperti dikutip dari YouTube Halo Awal Bros, Rabu (30/3/2022).


1. Berikan Contoh

Anak-anak biasanya selalu mengikuti kebiasaan orang tuanya. Oleh karena itu, berikan contoh kegiatan apa saja yang dilakukan selama bulan Ramadhan, mulai dari sahur, puasa, beribadah, hingga berbuka. Anda juga bisa melibatkan si kecil dalam mempersiapkan makanan untuk sahur dan berbuka.

Tanyakan kepada anak Anda makanan apa yang ingin mereka santap untuk sahur dan berbuka. Dengan begitu, mereka pun akan semakin bersemangat dalam berpuasa

2. Berikan Penjelasan

Anak kecil masih belum mengetahui banyak hal. Sembari memberikan contoh, jelaskan kepada si kecil terkait makna berpuasa, manfaat, hikmah, serta hal-hal yang dianjurkan selama berpuasa. Selain itu, jelaskan juga beberapa tradisi ketika bulan Ramadhan.

Mulai dari ngabuburit, tarawih, sahur, tadarus, bersedekah, melakukan zakat fitrah, dan masih lainnya. Anda bisa melibatkan anak dalam sebuah diskusi dan ceritakan kisah tentang kapan Anda mulai berpuasa. Buatlah suasana menjadi seru dan menghibur, sehingga anak antusias dan siap untuk mencoba puasa.


3. Latihan Secara Berkala
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2827 seconds (0.1#10.140)