5 Kombinasi Makanan Sehat, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Minggu, 03 April 2022 - 09:15 WIB
loading...
5 Kombinasi Makanan Sehat, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa
Kombinasi makanan sehat yang cocok untuk menu berbuka puasa. Foto/Ilustrasi/Boldsky
A A A
MAKASSAR - Makanan bisa menjadi teman atau musuh, hal itu tergantung pada bagaimana mengontrol pola makan , mulai dari apa yang Anda makan, hingga bagaimana memakannya.

Mengonsumsi makanan menekankan pentingnya cara makan yang benar, berkaitan erat dengan manfaat kombinasi makanan. Misalnya, teh hijau dengan lemon adalah kombinasi makanan sehat yang luar biasa yang meningkatkan manfaat teh hijau dan lemon yang sudah ada.

Lalu menambahkan jus jeruk ke teh hijau meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap antioksidan lebih dari lima kali lipat. Prinsip penggabungan makanan pertama kali muncul dalam pengobatan Ayurveda dan kemudian dipopulerkan pada tahun 1900-an dengan istilah tropologi, atau 'ilmu menggabungkan makanan'.



Jenis makanan umumnya diklasifikasikan sebagai asam, basa, atau netral, dan gagasan filosofi penggabungan makanan adalah menggabungkan makanan ini dengan cara yang sehat dalam makanan.

Dilansir dari Boldsky, Minggu (3/4/2022), berikut ini kombinasi makanan sehat yang cocok sebagai menu tambahan untuk berbuka puasa.

1. Tomat dengan minyak zaitun

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen. Nutrisi ini larut dalam lemak dan dapat membantu penyerapan lemak yang tepat. Makan tomat bersama dengan minyak zaitun. Asam lemak esensial yang ada dalam minyak zaitun, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, dapat diserap lebih baik oleh tubuh.

2. Brokoli dengan tomat

Tomat kaya akan likopen, juga mengandung vitamin C , A, E dan B, lutein dan zeaxanthin. Brokoli kaya akan vitamin K, folat dan zat anti kanker. Jika Anda makan kedua sayuran ini bersama-sama, maka kemampuan melawan kanker dari kedua sayuran tersebut meningkat hampir 50 persen, menurut penelitian. Menu sehat ini adalah pilihan tepat untuk berbuka puasa.

3. Apel dengan cokelat hitam

Cokelat hitam meningkatkan khasiat apel yang menyehatkan jantung. Risiko kematian akibat serangan jantung bisa berkurang jika mengonsumsi apel dan cokelat hitam. Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang disebut katekin, yang mendukung kesehatan jantung. Menu ini cocok untuk melengkapi koleksi takjil.



4. Bawang putih dengan salmon

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa sifat penurun kolesterol dari bawang putih meningkat jika Anda memakannya bersama dengan ikan salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang meningkatkan khasiat bawang putih untuk kesehatan.

5. Telur dan jamur

Salah satu manfaat dari kombinasi jamur dan telur adalah beta-glukan yang ada di dalamnya membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Meskipun telur mengandung kadar kolesterol tinggi, namun tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah. Faktanya, telur diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Oleh karena itu, secara keseluruhan, kombinasi jamur dengan telur tidak berpengaruh negatif terhadap kadar kolesterol darah. Ini adalah cara yang cukup baik untuk memastikan kesehatan jantung dan untuk menghindari risiko yang berhubungan dengan jantung.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)