6 Gejala Khas yang Ditimbulkan Varian XE, Harus Tahu!

Kamis, 07 April 2022 - 10:40 WIB
loading...
6 Gejala Khas yang Ditimbulkan Varian XE, Harus Tahu!
Gejala varian XE sendiri dilaporkan oleh beberapa ahli kesehatan tidak jauh berbeda dengan gejala Omicron maupun BA.2. Foto Ilustrasi/Medical Xpress
A A A
JAKARTA - Varian XE semakin mendekat ke Indonesia setelah Thailand mengidentifikasi kasus pertamanya pada 3 April 2022.

Pasien pertama XE di Thailand dilaporkan mengalami gejala ringan. Kasus pertama ini dilaporkan oleh Pusat Genomik Medis Rumah Sakit Ramathibodi, Thailand.



Gejala varian XE sendiri dilaporkan oleh beberapa ahli kesehatan tidak jauh berbeda dengan gejala Omicron maupun BA.2. Sebab, varian XE sendiri merupakan mutasi dari gabungan 2 varian virus Omicron BA.1 dengan BA.2.

Menurut laporan News18 yang dikutip pada Kamis (7/4/2022), berikut enam gejala varian XE:

1. Demam

2. Sakit tenggorokan

3. Tenggorokan gatal



4. Batuk dan pilek

5. Iritasi dan perubahan warna kulit

6. Gangguan pencernaan

Pada gejala serius, varian XE menyebabkan masalah antara lain penyakit jantung, jantung berdebar, bahkan infeksi varian XE menyebabkan penyakit saraf yang parah.

Varian XE sejauh ini dilaporkan pertama kali di Inggris. Kasusnya di negara tersebut sudah cukup banyak, lebih dari 500 orang teridentifikasi terpapar varian XE.

Varian XE pun dilaporkan di dua negara lain yaitu Thailand dan Taiwan. Sejauh ini ahli masih belum bisa memastikan apakah varian rekombinan ini memang berbahaya untuk manusia atau tidak, karena data analisis yang ada masih sangat terbatas.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2887 seconds (0.1#10.140)