5 Tips Mudah Mendaki Gunung Bagi Pemula

Jum'at, 08 April 2022 - 09:56 WIB
loading...
5 Tips Mudah Mendaki Gunung Bagi Pemula
Gunug Prau, Dieng, Jawa Tengah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kegiatan naik gunung merupakan salah satu aktivitas yang disukai masyarakat belakangan ini, terlebih anak muda. Bukan hanya sekadar menikmati pemandangan alamnya yang indah, kegiatan ini juga dinilai dapat melatih mental, kesabaran, dan digadang-gadang dapat mengubah hidup seseorang.

Akan tetapi, bagi mereka yang ingin mendaki gunung namun belum pernah mencoba sebelumnya, hal ini menjadi sulit. Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Rahman Mukhlis membeberkan karakteristik gunung yang layak untuk disambangi para pemula.

"Untuk para pemula, saya sarankan untuk mendaki gunung yang medannya mudah dilalui,” kata Rahman seperti dikutip Okezone, Kamis (7/4/2022).



Nah, bagi Anda yang ingin mendaki gunung tetapi masih pemula, coba ikuti langkah berikut:

Rutin Berolahraga

Minimal sebulan sebelum melakukan pendakian sebaiknya rutin berolahraga. Stamina yang kuat dan badan yang segar diperlukan saat mendaki. Berolahraga dapat mempersiapkan tenaga untuk medan yang tidak biasa saat mendaki. Pilihan olahraga yang dapat anda lakukan seperti bermain sepeda atau berlari di jalanan atau lokasi yang menanjak.

Persiapkan Alat Gunung

Perhatikan peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa. Hanya barang penting yang sebaiknya dibawa agar mengurangi beban saat mendaki. Tas carrier, sepatu mendaki, jaket, pisau lipat, jas hujan, alat masak portabel, senter, peluit, kompas, perlengkapan P3K, matras, tenda, dan sleeping bag merupakan perlengkapan yang umumnya dibawa oleh para pendaki.
Persiapkan juga perbekalan makanan dengan tepat, sebaiknya bawa makanan yang mudah dikonsumsi seperti biskuit. Jika ingin membawa makanan berat sesuaikan dengan kelompok agar memasak bisa dilakukan bersamaan.

Berdoa, Berpikir Positif
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)