5 Tips Mudah Mendaki Gunung Bagi Pemula

Jum'at, 08 April 2022 - 09:56 WIB
loading...
5 Tips Mudah Mendaki Gunung Bagi Pemula
Gunug Prau, Dieng, Jawa Tengah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kegiatan naik gunung merupakan salah satu aktivitas yang disukai masyarakat belakangan ini, terlebih anak muda. Bukan hanya sekadar menikmati pemandangan alamnya yang indah, kegiatan ini juga dinilai dapat melatih mental, kesabaran, dan digadang-gadang dapat mengubah hidup seseorang.

Akan tetapi, bagi mereka yang ingin mendaki gunung namun belum pernah mencoba sebelumnya, hal ini menjadi sulit. Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Rahman Mukhlis membeberkan karakteristik gunung yang layak untuk disambangi para pemula.

"Untuk para pemula, saya sarankan untuk mendaki gunung yang medannya mudah dilalui,” kata Rahman seperti dikutip Okezone, Kamis (7/4/2022).



Nah, bagi Anda yang ingin mendaki gunung tetapi masih pemula, coba ikuti langkah berikut:

Rutin Berolahraga

Minimal sebulan sebelum melakukan pendakian sebaiknya rutin berolahraga. Stamina yang kuat dan badan yang segar diperlukan saat mendaki. Berolahraga dapat mempersiapkan tenaga untuk medan yang tidak biasa saat mendaki. Pilihan olahraga yang dapat anda lakukan seperti bermain sepeda atau berlari di jalanan atau lokasi yang menanjak.

Persiapkan Alat Gunung

Perhatikan peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa. Hanya barang penting yang sebaiknya dibawa agar mengurangi beban saat mendaki. Tas carrier, sepatu mendaki, jaket, pisau lipat, jas hujan, alat masak portabel, senter, peluit, kompas, perlengkapan P3K, matras, tenda, dan sleeping bag merupakan perlengkapan yang umumnya dibawa oleh para pendaki.
Persiapkan juga perbekalan makanan dengan tepat, sebaiknya bawa makanan yang mudah dikonsumsi seperti biskuit. Jika ingin membawa makanan berat sesuaikan dengan kelompok agar memasak bisa dilakukan bersamaan.

Berdoa, Berpikir Positif

Hal yang paling penting dan mendasar saat mendaki gunung adalah berdoa dan berpikir positif. Berdoa dapat memperlancar kita saat pendakian sedangkan berpikir positif akan memberikan keyakinan bagi diri kita bahwa kita mampu. Jangan lupa jaga alam, jangan buang sampah sembarangan.

Mendaftar ke Pos Pendakian

Jangan lupa untuk menyiapkan identitas diri untuk perizinan ketika ingin mendaki. Setiap gunung memiliki pos perizinan karena jika ada yang tersesat, tim relawan dapat mengetahui identitas pendaki yang tersesat. Sebaiknya Anda beritahu keluarga, tetangga.

Pelajari Medan Gunung

Persiapan penting saat mendaki gunung adalah mempelajari lokasi dan medan yang akan ditempuh. Jika tidak mempelajari terlebih dahulu, Anda bisa saja tersesat dan terpisah dengan teman-teman atau kelompok Anda saat mendaki.

Gunung yang umunya direkomendasikan oleh pemula salah satunya adalah Gunung Prau. Terletak di Wonosobo, Jawa Tengah, Gunung Prau merupakan destinasi terbaik bagi para pendaki pemula yang belum berpengalaman.

Untuk mencapai puncaknya, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 3-4 jam saja. Tapi jangan salah, pemandangan yang disajikan tempat ini justru akan membuat Anda terpesona dan berdecak kagum.

Setidaknya ada 3 jalur yang bisa Anda lalui untuk mendaki Gunung Prau, yakni jalur Patak Banteng, Dieng Wetan, dan Kalilembu. Para wisatawan umumnya memilih untuk mendaki pada malam hari sehingga keesokannya mereka bisa menikmati sunrise yang spektakuler.

Keindahan alam yang dimiliki Gunung Prau tentunya membuat semua orang ingin ke sana, mungkin termasuk Anda. Nah, jika Anda seorang pemula yang ingin mendaki gunung, ikut Open trip Gunung Prau by Travel Buddies dari Mister Aladin tentunya akan menjadi pilihan yang menarik.

Mulai Rp750.000 untuk pemberangkatan dari Jakarta, Anda bisa menikmati perjalanan ke Gunung Prau selama 3 hari 1 malam dengan fasilitas transportasi (PP) AC, tenda, makan, air mineral, peralatan camping, matras, sleeping bag, retribusi wisata, dokumentasi, dll.

Tunggu apa lagi, segera wujudkan impian Anda untuk naik Gunung Prau bersama teman-teman tercinta. Tur ini terbatas. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman berikut: https://www.misteraladin.com/explore/product/open-trip-gunung-prau-by-travel-buddies.

Tentang Mister Aladin

Diluncurkan pada November 2015 dan berada di bawah naungan MNC Group, Mister Aladin adalah perusahaan berbasis online yang memulai perjalanannya sebagai penyedia kebutuhan traveling, seperti hotel, tiket pesawat, tiket kereta, tur, dan aktivitas.

Sejak akhir 2020, Mister Aladin memperluas jenis usahanya dengan membuat sub brand bernama AladinMall yang menyediakan kebutuhan harian, seperti bahan pangan, perlengkapan rumah tangga, produk kesehatan, alat elektronik, dan sebagainya.

Melalui beragam produk ini, Mister Aladin terus berusaha untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen dengan menjadi one-stop shopping platform.

Info lebih lanjut mengenai Mister Aladin, silakan kunjungi www.misteraladin.com atau download aplikasi Mister Aladin di Google Play Store atau App Store. Ikuti juga Mister Aladin di media sosial: Facebook (@MisterAladin), Twitter (@misteraladinid), Instagram (@misteraladin), dan TikTok (@misteraladin.id).
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)