Vincent dan Desta di Sahur Nih Yee Tanya dari Mana Agama Bersumber, Ini Penjelasan Quraish Shihab

Selasa, 12 April 2022 - 09:45 WIB
loading...
Vincent dan Desta di Sahur Nih Yee Tanya dari Mana Agama Bersumber, Ini Penjelasan Quraish Shihab
Program Sahur Nih Yee bareng Vincent dan Desta juga menyelipkan wawasan seputar agama lewat obrolan bersama ulama Quraish Shihab. Foto/Tangkapan Layar YouTube Vindes
A A A
JAKARTA - Program Sahur Nih Yee bareng Vincent dan Desta tak sekadar menampilkan banyolan. Duo Vindes ini juga menyelipkan wawasan seputar agama lewat obrolan bersama ulama Quraish Shihab .

Desta mengakui, sempat terbesit di pikirannya mengenai apakah agama benar bersumber dari Tuhan atau malah buatan manusia. Bagi seorang Quraish Shihab, tentu hal ini bukanlah pertanyaan sulit.



"Agama itu ada tiga hal yang mutlak kalau mau dinamai agama, yang pertama keyakinan tentang wujud Tuhan," kata Quraish Shihab, dikutip dari kanal YouTube Vindes pada Selasa (12/4/2022).

Menurut ayah presenter Najwa Shihab itu, agama merupakan hubungan antara manusia dengan wujud yang maha kuasa. Komunisme sendiri bukan termasuk agama lantaran tak mengakui Tuhan.

Selanjutnya, Quraish Shihab mengatakan, dalam setiap agama ada dorongan untuk berhubungan dengan Sang Pencipta. "Karena itu setiap agama ada shalat (ibadah), caranya berbeda-beda," lanjutnya.



Terakhir, agama meyakini adanya hari pembalasan. Berdasarkan penjelasan Quraish Shihab, tanpa adanya keyakinan atas hari pembalasan, tak bisa disebut sebagai agama.

"Apakah pembalasan itu setelah mati, atau itu karma di sini dan sebagainya. Pokoknya ada," kata sang ulama.

Namun di sisi lain, Quraish Shihab mengakui adanya keterlibatan manusia dalam sebuah agama. Bukan dalam pembuatannya, namun tafsiran agama.

Seperti yang diketahui, agama Islam berdasarkan Al-Quran dan Sunnah. Diperlukan ahli tafsir agar umat Islam mampu memahami keduanya dengan baik.

Tidak ada larangan untuk mempercayai pendapat ahli yang berbeda. Selama apa yang disampaikan masih sesuai dan tidak bertentangan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2166 seconds (0.1#10.140)