Disunnahkan untuk Berbuka Puasa, Ini 5 Jenis Kurma yang Umum Ditemukan

Jum'at, 15 April 2022 - 06:32 WIB
loading...
Disunnahkan untuk Berbuka Puasa, Ini 5 Jenis Kurma yang Umum Ditemukan
kurma menjadi salah satu makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kurma merupakan salah satu buah yang umum ditemui sepanjang bulan Ramadhan. Bahkan beberapa bulan sebelum puasa sudah ada beberapa pedagang yang menjajakan kurma.

Selain itu, kurma menjadi salah satu makanan yang disunnahkan untuk berbuka puasa . Rasanya manis, teksturnya bermacam-macam, ada yang lembut, hingga berserat tergantung jenisnya.

Menyantap kurma dengan jumlah ganjil juga disunnahkan Rasulullah SAW, dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Sahabat Sa'ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

[arabOpen] مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ[arabClose]

Artinya: "Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir."

Baca juga: Kembalikan Uang Kontrak Robot Trading DNA Pro, Ivan Gunawan Enggan Sebut Nominal

Buah kurma sendiri memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dkk, kurma bisa membantu membunuh atau mengurangi jumlah cacing dalam tubuh jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

Tahukah Anda, bahwa kurma yang sering dijumpai tak semuanya sama? Tak lain ada beberapa jenis kurma, di mana daerah asalnya pun berbeda-beda.

Dikutip darikanal YouTube iTz Dzikry, berikut ini lima jenis kurma yang umum ditemui.

1. Kurma Ajwa
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2944 seconds (11.252#12.26)