Berawal dari Hobi, Pria Ini Sukses Bisnis Miniatur Mobil

Sabtu, 16 April 2022 - 17:13 WIB
loading...
Berawal dari Hobi, Pria Ini Sukses Bisnis Miniatur Mobil
Pria bernama Eko Setiawan sukses menjalankan bisnis custom miniatur mobil. Usaha Eko ini berawal dari hobi diecast collector atau kolektor miniatur mobil. Foto/YouTube Paratai Perindo
A A A
JAKARTA - Pria bernama Eko Setiawan sukses menjalankan bisnis custom miniatur mobil. Usaha Eko ini berawal dari hobinya sebagai diecast collector atau kolektor miniatur mobil.

Dalam podcast Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Eko mengatakan bahwa sudah mulai mengkoleksi miniatur sejak awal 2017. Menariknya, pandemi Covid-19, membuat dirinya kebanjiran pesanan.

“Awalnya sejak 2017 memang sudah koleksi, lalu pandemi proyek di kerjaan nggak ada. Ini awalnya side job di rumah, tapi pas pandemi ternyata pesanan malah semakin banyak," kata Eko dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo , Sabtu (16/4/2022).

"Nggak hanya dari Indonesia tapi juga dari luar negeri. Akhirnya saya tekuni saja," sambungnya.


Sebagai pembuat mobil miniatur, Eko sehari-hari mengerjakan pesanan klien. Dia mewujudkan model mobil yang sudah ada di pasaran dan dibuat sesuai pesanan. Ini membuat miniatur kendaraan tersebut jadi barang terbatas.

“Mobil yang sudah ada di pasaran saya remake sesuai order. Jadi valuenya lebih, bukan sekedar mobil mainan, ada nilai seni dan limited jadinya,” jelas Eko.

Meski demikian, awalnya Eko mengaku tidak memiliki keterampilan untuk merakit membuat miniatur mobil. Eko mengaku semua kemampuan dia pelajari secara otodidak.

“Sebetulnya nggak ada dasar sama sekali, jadi gabung grup khusus custom di Facebook. Di sana kumpul, yang baru atau pun yang sudah pro. Semua share ilmunya di sana dan saya belajar otodidak,” pungkas Eko.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)