Ngabuburit Seru ala Ajinomoto, dari Tur Virtual Pabrik hingga Masak di Dapur Umami

Minggu, 17 April 2022 - 04:34 WIB
loading...
Ngabuburit Seru ala Ajinomoto, dari Tur Virtual Pabrik hingga Masak di Dapur Umami
Chef Ucu Sawitri (tengah) memandu awak media mengolah lumpia goreng isi daging sapi. Foto/Dok Ajinomoto Indonesia
A A A
JAKARTA - Ngabuburit kerap dilakukan umat muslim Tanah Air yang tengah berpuasa di bulan Ramadhan. Kegiatan menunggu adzan maghrib ini biasa diisi dengan aktivitas seru, menyenangkan, dan tentu saja bermanfaat.

Seperti yang SINDOnews lakukan baru-baru ini bersama PT Ajinomoto Indonesia. Meski digelar secara virtual, ngabuburit ala Ajinomoto ini tetap berlangsung seru, di mana awak media yang diundang ke acara ini diajak untuk melihat pabrik Ajinomoto lewat tur virtual, menggali pengetahuan seputar terciptanya rasa umami di Ajinomoto Visitor Center, hingga mengikuti kelas memasak yang dipandu oleh Chef Ucu Sawitri.

Yang tak kalah penting, dalam acara ini juga dikupas sedikit soal pentingnya melakukan diet garam yang sedang digaungkan PT Ajinomoto Indonesia lewat kampanye Bijak Garam. Melalui kampanye ini, Ajinomoto ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya diet rendah garam dan mengajak keluarga-keluarga di Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi penggunaan garam dalam mengolah makanan.

“Di bulan baik ini, Ajinomoto mengajak beberapa rekan media untuk ngabuburit sehat bareng dengan kegiatan masak bersama dan melakukan kunjungan virtual ke Ajinomoto Virtual Center kami," kata Grant Senjaya, Head of Public Relations Ajinomoto dalam sambutannya.

"Kegiatan yang diadakan kali ini, selain meningkatkan keakraban dengan rekan-rekan media, juga merupakan salah satu cara Ajinomoto untuk memperkenalkan kampanye Bijak Garam yang merupakan salah satu inisiatif Ajinomoto untuk meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia," tambahnya.

Untuk diketahui, sejak 2019 Ajinomoto telah memiliki Ajinomoto Visitor Center di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini terbuka untuk dikunjungi masyarakat yang ingin mengetahui seluk-beluk PT Ajinomoto beserta produk-produknya. Selain dikunjungi offline, visitor center ini juga dapat dijelajahi secara virtual, terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Puas menjelajahi visitor center sekaligus melihat pabrik Ajinomoto di Mojokerto, Jawa Timur, secara virtual, acara ngabuburit ini dilanjutkan dengan cooking class bersama Chef Ucu Sawitri, yang ditemani oleh Ahli Gizi Nazhif Gifari.

Chef Ucu Sawitri memandu awak media mengolah lumpia goreng isi daging sapi. Kudapan ini pembuatannya memakai resep yang termasuk bijak garam, karena sudah disusun secara khusus oleh ahli gizi Ajinomoto. Resep ini bisa Anda temukan pula di website Dapur Umami besutan PT Ajinomoto Indonesia.

Meski demikian, Nazhif Gifari di sela-sela kelas memasak tersebut tetap mengingatkan pentingnya menjaga asupan makanan yang digoreng. Maka, berhubung lumpia ini digoreng dan berisi daging sapi, maka kita dianjurkan untuk makan satu buah saja ketika berbuka puasa.

"Dalam satu buah lumpia terkandung 100-130 kalori. Jadi cukup makan satu saja saat berbuka. Di dalamnya sudah ada protein dan lemak. Ingat, kebanyakan mengonsumsi lemak juga bisa bikin kita jadi ngantuk," terang Nazhif.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)