AS Gunakan Alat Tes Covid-19 Baru yang Diklaim Akurat dan Cepat, Ini Kata Ahli

Senin, 18 April 2022 - 13:25 WIB
loading...
AS Gunakan Alat Tes Covid-19 Baru yang Diklaim Akurat dan Cepat, Ini Kata Ahli
Belum lama ini Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengeluarkan izin penggunaan alat testing Covid-19 (Rapid Test). Sebuah perangkat pertama, dapat mendeteksi Covid-19 dalam sampel napas, diklaim cukup bagus, akurat dan cepat. Foto/Tangkapan layar Gl
A A A
AMERIKA SERIKAT - Belum lama ini Badan Pengawas Obat dan Makanan AS ( FDA ) mengeluarkan izin penggunaan alat testing Covid-19 (Rapid Test). Sebuah perangkat pertama, dapat mendeteksi Covid-19 dalam sampel napas, diklaim cukup bagus, akurat dan cepat.

Health Canada mengatakan kepada Global News pada hari Jumat, bahwa pihaknya belum menerima aplikasi untuk pengujian, tetapi para ahli Kanada mengatakan alat non-invasif ini tidak hanya dapat membuat pengujian lebih mudah tetapi juga dapat mengurangi tingkat transmisi dalam pengaturan.

"Manfaat terbesar dari tes napas, tidak terlalu mahal dan sensitif. Bagi semua orang bernapas tidak perlu belajar lebih banyak lagi untuk melakukannya,” kata Dr. Lisa Barrett, ahli penyakit menular yang juga peneliti di Universitas Dalhousie dilansir Global News, Senin (18/4/2022)

"Ini adalah tes seperangkat alat yang sudah cukup bagus. Turn-around time akan menjadi salah satu manfaat besar untuk itu," tambahnya.



Dalam penggunaannya, alat tes antigen ini mudah dibeli dan dilakukan di rumah menjadi semakin umum di Kanada. Menurut Dr. Raywat Deonandan, seorang ahli epidemiologi dan profesor di Universitas Ottawa, alat ini memiliki sensitivitas 91 persen, tes napas lebih akurat daripada tes antigen cepat.

Bagaimana cara kerjanya?

Inspektur Covid-19 Breathalyzer dalam penelitian terhadap lebih dari 2.400 orang. Di mana, tes dilakukan oleh operator yang memenuhi syarat di bawah pengawasan penyedia layanan kesehatan berlisensi.

Untuk melakukannya, seseorang menghembuskan napas melalui mulut mereka, seperti meniup balon, ke dalam tabung atau sedotan sekali pakai yang terhubung ke alat tes.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)